Puluhan papan bunga ucapan Selamat dan Terimakasih kepada Gubernur Aceh berjejer terpasang di depan Pendopo Gubernur Aceh tepatnya di jalan Jalan Japakeh No.1, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh. Pantauan acehimage.com, pada Jumat (5/3/2021). Papan bunga ini terpasang mulai di depan Museum Aceh hingga pagar samping pendopo (pintu masuk Anjong Mon Mata). Memang papan bunga yang terpasang kali ini berbeda dengan yang dipasang di depan Kantor Gubernur Aceh beberapa waktu lalu. Kali lebih kepada program "pencitraan" Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

KNPI: Tidak Ada yang Salah dengan Dana Hibah untuk Organisasi

ISTIMEWASekretaris DPD KNPI Aceh Zulfan Effendi
A A A

BANDA ACEH - Sekretaris DPD KNPI Aceh Zulfan Effendi akhirnya angkat bicara terkait dengan penyaluran dana hibah oleh Pemerintah Aceh kepada 100 organisasi dan badan/lembaga dalam rangka penanganan COVID-19 di tanah rencong.

Menurut Zulfan, pemberian dana hibah kepada seratus organisasi oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga tidak menjadi suatu persoalan dan itu sudah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada.

"Tidak ada yang salah dengan dana hibah. Yang jadi masalah ketika mareka para penerima dana hibah tidak mampu mempertanggungjawabkan terkait dengan penggunaan dana tersebut," kata Zulfan, Minggu (17/1/2021) malam.

Ia juga menyampaikan, setiap organisasi penerima dana hibah tersebut diharuskan oleh Pemerintah Aceh untuk menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilakukan oleh badan/lembaga dan organisasi penerima dalam rangka percepatan penanganan covid 19 di Aceh.

Sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri, Zulfan mengatakan Pemerintah daerah dapat melakukan kerjasama dengan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) termasuk LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) melalui skema Swakelola sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hal itu juga bertujuan membantu pemerintah daerah dalam hal meningkatkan kualitas dan jangkauan layanan kesehatan dengan memberdayakan kompetensi yang dimiliki oleh Ormas maupun organisasi kepemudaan.

Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Tidak mungkin Pemerintah bekerja sendiri, maka dalam hal ini turut mengajak badan/lembaga dan Organisasi kepemudaan Sedangkan OKP maupun badan/lembaga yang menerima sudah melalui verifikasi dan tidak serta merta diberikan begitu saja oleh Pemerintah," tegasnya.

Disisi lain, Zulfan mengakui dalam proses penyaluran dana hibah kepada seratus organisasi, menurutnya KNPI memiliki peran besar sebagai mitra kerja pemerintah.

"Memang dalam hal ini, KNPI memiliki andil, dimana kita sebagai mediator dan penghubung dengan Pemerintah, cuma yang melakukan proses verifikasi adalah Dinas pemuda dan Olahraga," terangnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh memplotkan anggaran dana hibah kepada 100 organisasi/lembaga swasta. Dana tersebut diberikan per organisasi/lembaga mulai dari yang terkecil Rp 20 juta hingga terbesar Rp 100 juta.

Total keseluruhan jumlah besaran dana hibah yang diberikan kepada Badan, Lembaga dan Organisasi Swasta itu Rp9,5 Miliar dan itu dituangkan melalui surat Keputusan Gubernur Aceh yang bernomor 426/1675/2020.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...