Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk menunda melakukan penataan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh untuk sementara waktu. Ini disampaikan Ibrahim setelah mendengar keluhan dari masyarakat yang selama ini bergantung hidup di daerah tersebut. "Apalagi saat ini, sama-sama kita ketahui sedang Pandemi COVID-19 yang membuat ekonomi masyarakat terpuruk," kata Pria yang akrab disapa Ampon Bram, Kamis (22/10/2020).

KMP Aceh Hebat 1 Resmi Dilaunching

HUMAS DAN PROTOKOL SETDA ACEH Kapal Roro 1.300 GT KMP Aceh Hebat 1, di Galangan Kapal PT. Multi Ocean Shipyard, Tanjung Balai Karimun, Sabtu (3/10/2020).
A A A

KARIMUN – KMP Aceh Hebat 1 resmi dilaunching, Sabtu 2 Oktober 2020. Peresmian itu menjadi penanda bahwa kapal roro 1.300 GT bakal segera berlayar usai mengikuti beberapa pengujian lagi seperti uji kemiringan, uji berlayar dan fungsi seluruh komponen.

“Menurut jadwal 30 November akan berlayar ke Aceh dan akan beroperasi sebagaimana seharusnya,” kata Nova Iriansyah usai melaunching KMP Aceh Hebat 1 di Galangan PT. Multi Ocean Shipyard (PT.MOS).

Nova mengatakan KMP Aceh Hebat 1 sudah memasuki tahap akhir pembangunannya. Usai launching atau peluncuran akan disusul dengan finishing akhir sampai kemudian kapal dikirim ke Aceh. Kinerja PT. MOS dinilai Nova sangat maksimal. Bagi dia, pembangunan kapal yang dilakukan tenaga kerja Indonesia menandakan warga Indonesia mampu mengerjakan pengerjaan secanggih apapun.

“Ini penanda bahwa kapal secanggih Aceh Hebat 1 bisa dibangun oleh tenaga Indonesia dan pemanfaatan juga untuk orang Indonesia khususnya orang Aceh,” kata Nova.

Aceh Hebat menjadi sejarah baru bagi Aceh. Selama ini Aceh belum pernah memiliki kapal yang dibangun sendiri. Selama ini, pelayaran Aceh dilayani oleh kapal milik ASDP. Terakhir adalah KMP BRR yang dihibah oleh Kementerian Perhubungan. Kapal itu kini melayani rute Balohan Sabang – Ulee Lheu Banda Aceh.

“KMP Aceh Hebat ini kapal pertama yang dibangun sendiri dengan uang masyarakat Aceh. Ukurannya relatif besar dengan desain yang up-to-date,” kata Nova. KMP Aceh Hebat 1 akan melayari rute Meulaboh – Labuhan Haji – Simeulue.

Aceh Hebat 1 merupakan salah satu dari tiga kapal roro yang dipesan pemerintah Aceh untuk meningkatkan konektivitas antar pulau. Aceh Hebat 1 akan melayari lintasan barat ke Pulau Simeulue, Aceh Hebat 2 melayari Balohan Sabang – Pelabuhan Ulee Lheu dan Aceh Hebat 3 yang akan melayani rute Singkil – Pulau Banyak.

Aceh hebat 1 yang berkapasitas 1.300 GT dikerjakan oleh PT Multi Ocean Shipyard. Sedangkan Aceh Hebat 2 yang memiliki bobot 1.100 GT, dikerjakan oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan Madura dan akan melayani pelayaran dari Balohan Sabang – Ulee Lheue Banda Aceh. Terakhir, Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 GT dikerjakan oleh PT Citra Bahari Shipyard di Tegal, akan melayani rute Singkil – Pulau Banyak.

KMP Aceh Hebat merupakan hasil dari program pengadaan kapal ferry roro di bawah Dinas Perhubungan Aceh dengan anggaran Rp178 milliar.

Peresmian KMP Aceh Hebat 1 dihadiri juga oleh Sekda Aceh dr. Taqwallah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh Bustami, Inspektur Aceh Zulkifli dan Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi.

Rubrik:PEMDA ACEH

Komentar

Loading...