Seorang warga Cot Gapu Kecamatan Kota Juang, Bireuen yang berdomisili di Lampriet, Kuta Alam Banda Aceh meninggal dunia saat sedang menikmati makan siang di salah satu warung nasi yang berada di kawasan Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Senin (25/5/2020).

Cegah Virus Corona

KKP Periksa 45 Pekerja Pelabuhan di Aceh Barat

ANTARAPetugas kesehatan memeriksa suhu tubuh seorang tenaga kerja di pelabuhan yang dipusakan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (5/3/2020).
A A A

ACEH BARAT - Sebanyak 45 orang tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan menjalani pemeriksaan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat agar tidak terinfeksi virus corona (COVID-19) atau penyakit menular lainnya.

"Pemeriksaan kesehatan ini untuk mengantisipasi bila ada pekerja terdeteksi penyakit menular, khusus tenaga kerja bongkar muat pelabuhan,” kata petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Banda Aceh,dr Yunalis di Meulaboh, Jumat.

Menurut dia pemeriksaan para pekerja tersebut difokuskan ke sejumlah tes kesehatan diantaranya seperti pengukuran suhu tubuh, Tuberculosis (TB), pengecekan darah serta sejumlah pemeriksaan kesehatan lainnya.

Meski tidak memfokuskan pemeriksaan COVID-19, namun pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan terkait penanganan penyakit menular, termasuk virus corona.

Selain melakukan pemeriksaan para pekerja di Pelabuhan Meulaboh, tim KKP Meulaboh uga melihat kondisi sejumlah tenaga kerja asing (TKA) asal China yang sebelumnya pernah di karantina dalam lokasi pembangunan PLTU 3-4 Nagan Raya, Aceh.

Sementara itu, seorang pekerja yang ikut menjalani pemeriksaan kesehatan, Ibrahim berterima kasih atas pemeriksaan yang dilakukan tim KKP Meulaboh, guna memastikan kondisi kesehatan mereka.

Meski mengakui selama ini para pekerja pernah melakukan kontak langsung dengan Tenaga Kerja Asing (TKA) di dalam kapal saat bersandarnya kapal, namun pemeriksaan kesehatan memang harus dilakukan, katanya.

Sumber:ANTARA
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...