Universitas Gadjah Mada

Kirim 60 Mahasiswa KKN di Pulo Aceh

FOTO | MariadiWakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab menerima mahasiswa akan KKN PPM UGM yang ditempatkan di Kecamatan Pulo Aceh, di Aula Dekranasda Aceh Besar, Gani Kecamatan Ingin Jaya, Senin (25/6/2018).
A A A

ACEH BESAR - Sebanyak 60 mahasiswa dari sejumlah fakultas di Universitas Gadjah Mada (UGM) akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Para mahasiswa yang akan ditempatkan di Pulo Breuh dan Pulo Nasi dalam Kecamatan Pulo Aceh itu selama dua bulan. Rombongan mahasiswa UGM, Senin (25/6/2018) pagi ini diterima oleh Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab, di Aula Dekranasda Aceh Besar, Gani Kecamatan Ingin Jaya.

Waled Husaini sapaan akrab Wabup Aceh Besar mengatakan, peran nyata KKN PPM UGM diharapkan dapat mendukung upaya Pemkab Aceh Besar dalam mengembangkan sektor dan potensi unggulan yang ada di Pulo Aceh. "Harapan kami para mahasiswa KKK UGM mampu berinteraksi dengan masyarakat sesuai dengan bekal ilmu yang dimiliki agar masyarakat mau terlibat aktif dalam pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah. Misalnya, dapat membantu para keuchik atau kepala desa dan perangkat gampong dalam mengelola dana desa," ujarnya.

Menurut Waled Husaini, banyak juga seni budaya berasal dari Pulo Aceh yang telah mendunia semisal tarian "likok pulo". Untuk itu, Wakil Bupati Aceh Besar juga berharap mahasiswa UGM dapat memberikan menginformasika pengembangan sektor wisata Pulo Aceh dan sektor lainnya di Aceh Besar. Dalam kesempatan itu, ia menyingung tentang pelaksanaan Syariat Islam di Aceh dan juga berterimakasih kepada mahasiswa UGM yang telah memilih Pulo Aceh sebagai tempat pengabdian. "Tidak hanya UGM yang KKN di Pulo Aceh. Semoga banyak mahasiswa dari Pulau Jawa yang melaksana Tri Darma perguruan tinggi dengan melakukan pengabdiannya di Aceh Besar," demikian Waled Husaini.

Sementara itu, Koordinator Wilayah KKN UGM, Drs Eman Suherman MHum mengatakan, kerja sama KKN PPM dengan Pemkab Aceh Besar sudah berlangsung beberapa tahun. Dia menyampaikan terima kasih atas sambutan penerimaan mahasiswa yang dirasa luar biasa. "Semoga pelaksanaan KKN UGM ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar serta kehadiran mereka bisa memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kecamatan Pulo Aceh," ujarnya.

Sedangkan Ketua Unit KKN UGM, Farhan Hawai Ramadhan, menyatakan dirinya bersama teman-teman mahasiswa KKN PPM UGM lainnya berusaha semampunya untuk melakukan pengabdian di Pulo Aceh.

Peryambutan tersebut turut dihadiri Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi, Kadisparpora Ridwan Jamil SSos MSi, Kepala DPMG Abdullah SSos, Kadis Kesehatan Lukman SKM MKes, dan Sekcam Pulo Aceh serta pejabat di jajaran Pemkab Aceh Besar lainnya.

Penulis:Mariadi
Editor:AK Jailani
Fotografer:Mariadi
Kode:47
Rubrik:Aceh Besar

Komentar

Loading...