Pilkada 2017

KIP Aceh Tenggara Lipat Surat Suara

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

KUTACANE - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, mulai melipat surat suara menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017.

Pelipatan surat suara berisi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh, serta calon bupati dan wakil bupati setempat periode 2017-2022 berlangsung di Gedung Olahraga Kutacane, Aceh Tenggara.

"Proses pelipatan, dan pemeriksaan surat suara ini dilakukan selama empat hari, mulai hari ini tanggal 26 sampai 29 Januari 2017," kata Sekretaris KIP Aceh Tenggara, Irwandi Ramud.

Kegiatan itu, lanjutnya, diawasi dan pihaknya dibantu aparat kepolisian dan petugas dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) setempat.

Surat suara yang dilipat berjumlah 147.787 lembar, dan nantinya akan langsung dimasukkan ke dalam 74 kotak dengan masing-masing kotak berisi 2.000 surat suara.

"Terdapat satu kotak, kurang dari 2.000 surat. Sedangkan pemilih tetap kita, berjumlah 143.973 orang," sebutnya.

Dalam proses pelipatan surat suara kali ini, kata Irwandi, KIP setempat tidak merekrut petugas, dan cuma menggunakan tenaga staf dan karyawan lembaga tersebut berjumlah 28 orang.

"Kami targetkan, pelipatan surat suara ini selesai empat hari mendatang. Lalu dilanjutkan pelipatan surat suara pemilihan gubernur mulai 29 Januari sampai 1 Februari 2017," tegasnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Aceh Tenggara termasuk salah satu daerah yang menggelar pilkada serentak dengan pencoblosan pada tanggal 15 Februari 2017.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, telah meloloskan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni nomor urut satu Raidin-Bukhari, dan nomor urut dua yang merupakan pasangan petahana Ali Basrah-Denny Febrian Roza.

Untuk pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh, KIP provinsi itu telah meloloskan enam pasangan yakni nomor urut satu Tarmizi Karim-Machsalmina Ali, nomor urut dua Zakaria Saman-T Alaidinsyah dan nomor urut tiga Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab.

Lalu pasangan nomor urut empat merupakan petahana Zaini Abdullah-Nasaruddin, nomor urut lima petahana lainnya Muzakir Manaf-TA Khalid, dan nomor urut enam Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.

"Data kita, jumlah pemilih tetap berdasarkan perhitungan terakhir yakni tercatat 143.973 orang dengan memilih di 428 tempat pemungutan suara," kata Ketua KIP Aceh Tenggara, Dedy Mulyadi.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...