Akibat tingginya curah hujan mengakibatkan dua unit rumah warga Kampung Lampahan Timur, Kecamatan Timah Gajah, Kabupaten Bener Meriah tertimbun tanah longsor, Jumat (15/1/2021). Selain itu, satu unit gudang yang berada di dekat rumah ikut tertimbun. Plt Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, Safriadi melalui Kabid Kedaruratan, Anwar Sahdi menyampaikan, dua rumah warga yang tertimbun bagian dapurnya itu yakni rumah, Musliadi dan Muklis yang merupakan Reje Kampung Setempat.

Sering Dapat Pengakuan Dunia

Kini Anies Baswedan Terpilih Sebagai Wakil Ketua C40 Cities

NETGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
A A A

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Prof Dr Anies Baswedan  dipilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities. Anies tidak sendiri, bersamanya ada Gubernur Tokyo Yuriko Koike. Penetapan itu dilakukan di London, Inggris, pada Sabtu (5/12/2020).

Seperti dilansir KompasTV tanggal 6 Desember 2020, bahwa C40 Cities  merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif dalam  perubahan iklim  untuk masa depan lingkungan kota yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan.

Sebagai Wakil Ketua C40, Gubernur Anies akan memberikan arahan strategis dalam rangka mengatasi krisis  iklim untuk jaringan global meliputi 97 kota terbaik di dunia.

Di masa pandemi Covid-19, Gubernur Anies dan Gubernur Koike juga akan bekerja sama dan mendukung para Wali Kota anggota C40 untuk mendorong pemulihan ekonomi kota akibat dampak pandemi Covid-19, melalui pendekatan yang ramah lingkungan dan berkeadilan, serta penanganan krisis iklim.

“Jakarta bertekad memperluas jangkauan C40 untuk bekerja sama dengan kota dan para pemangku kepentingan lainnya, dalam rangka memenuhi tujuan dari implementasi aksi iklim yang transformatif, mengacu pada Perjanjian Paris (Paris Agreement)," ujar Gubernur Anies pada Sabtu (5/11/2020).

Di Jakarta sendiri, berbagai upaya perbaikan kualitas udara telah dilakukan untuk membuat udara lebih bersih dan bebas polusi.

Pada September 2020, Gubernur Anies turut mendukung peluncuran program Kemitraan Udara Bersih (Clean Air Partnership) di Jakarta untuk menangani polusi udara dan meningkatkan kesadaran akan dampaknya bagi kesehatan.

Anies juga mengesahkan Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor pada bulan Juli 2020.

Pada bulan Agustus 2019 lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 66 tetang Pengendalian Kualitas Udara, di mana terdapat tujuh aksi untuk mengendalikan pencemaran udara.

Pengembangan fasilitas untuk mendukung penggunaan kendaraan bebas emisi seperti sepeda dan bus listrik, juga terus diupayakan. Pesepeda menempati prioritas kedua sebagai pengguna jalan setelah pejalan kaki.

Untuk diketahui, H Anies Rasyid Baswedan, SE MPP PhD. (lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969; umur 51 tahun), adalah seorang akademisi pendidikan dan juga politikus Indonesia yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017 hingga 2022.

Anies merupakan cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan.

Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...