Tgk Muhammad Abrar

Khatib Idul Fitri di Jantho

FOTO | MariadiTgk Muhammad Abrar Husaini
A A A

ACEH BESAR - Tgk Muhammad Abrar Husaini, lulusan Lembaga Aziz Mahmud Hudayi Istanbul Turki asal Aceh Besar akan bertindak selaku khatib Shalat Idul Fitri 1439 Hijriah di Halaman Masjid Agung Al-Munawwarah Kota Jantho, Aceh Besar.

"Sementara Tgk Abah Junaidi, imam Masjid Agung Al-Munawwarah Jantho bertindak sebagai imam shalat Hari Raya tahun ini,” kata Plt Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar, Carbaini SAg kepada wartawan, di sela-sela persiapan takbir keliling, Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kamis (14/6/2018).

Menurutnya, shalat Ied kali ini akan dipusatkan di halaman Masjid Agung Al-Munawwarah, Kota Jantho. Namun, bila pada hari tersebut hujan shalat akan dipindahkan ke dalam masjid. “Insya Allah sesuai kalender hari Jumat 15 Juni 2018 dilaksanakan, namun begitu mengenai kepastian Hari Raya Idul Fitri tahun ini, kita akan merujuk pada keputusan Menteri Agama RI,” ungkap Carbaini.

Dikatakan, shalat Ied di Kota Jantho akan dimulai pukul 07.30 WIB. Untuk itu, kami mengajak seluruh warga kota Jantho dan sekitarnya dapat melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1439 hijriah. "Para jamaah untuk datang lebih cepat dan membawa sajadah masing-masing, karena shalatnya di lapangan," pinta Carbaini.

Dijelaskan juga, tahun ini dalam rangka mensyiarkan gema syariat dan menyambut hari raya Idul Fitri 1439 hijriah, Pemkab Aceh Besar juga melaksanakan pawai Takbir Keliling guna menyemarakkan syiar Islam. Kegiatan takbiran akan dilaksanakan secara keliling yang dikuti instansi pemerintah memakai mobil hias dan elemen masyarakat dengan berjalan kaki serta direncanakan dilepas oleh Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali bersama unsur Forkopida Aceh Besar. "Takbir Keliling ini akan start dan finish dari halaman Masjid Jamik Lambaro Ingin Jaya dengan berkeliling menuju arah Gani jalan Blang Bintang bagi pejalan kaki serta mobil hias terus melaju dengan arah Kuta Baro- Abulyatama-Cot Irie masuk jalan Bakoy kembali ke Masjid Jamik Lambaro,” jelas Carbaini.

Penulis:Mariadi
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...