Sebanyak 2.303 calon pengantin di Aceh melaksanakan akad nikah sepanjang April-Mei 2020. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariat Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Hamdan MA. Menurut Hamdan, di tengah masa darurat Covid-19 dan pembatasan larangan akad nikah di luar KUA sejak April-Mei, tercatat 3096 pendaftaran nikah di KUA ----- Memasuki hari ke enam lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, puluhan pekerja bangunan dari Sumatera Utara mulai tiba di Kabupaten Bener Meriah. Hal itu disampaikan Ketua Tim Publik Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bener Meriah Zulkifli Burhanuddin saat dikonfirmasi awak media via seluler, Senin (1/6/2020) ----- Aksi pengerusakan Kantor Reje (Kepala) Kampung di Kecamatan Bukit kembali terulang, dimana sebelumnya dua kantor Reja Kampung di Kecamatan Bukit yakni Kampung Blang Tampu dan Blang Panas diobarak abrik masyarakat disana. Peristiwa itu juga dialami Kantor Reje Kampung Kute Kering Kecamatan Bukit, warga yang didominasi kaum ibu-ibu mengamuk dan memecahkan kaca jendela baigain depan, Senin (1/6/2020)

Kedepankan Adat Budaya Gayo

Ketua DPRK Minta Shabela-Firdaus Selesaikan Kisruh

ISTIMEWAKetua DPRK Aceh Tengah Arwin Mega
A A A

ACEH TENGAH – Ketua DPRK Aceh Tengah Arwin Mega berharap persoalan kisruh Bupati dengan Wakil Bupati Aceh Tengah bisa diselesaikan dengan arif dan bijaksana.

"Kita selesaikan dengan musyawarah dan dengan kepala dingin,"kata mantan Ketua DPC PDIP Aceh Tengah tersebut melalui keterangan tertulis, Jumat (15/5/2020).

Menurut Arwin Mega, dinamika dalam pemerintahan itu biasa terjadi, oleh sebab itu harus disikapi dengan bijak dan dewasa.

“Kita sedang menghadapi persoalan daerah yang sangat serius, di satu sisi kita sedang berjuang melawan bersama sama Covid-19, disisi lain tanah Gayo sedang dilanda banjir bandang yang juga harus terus kita siagakan," ujarnya.

Baca juga:Bupati Aceh Tengah Diancam Dibunuh oleh Wakilnya Sendiri

Dari lubuk hati yang terdalam, Ketua DPRK Aceh Tengah meminta persoalan ini bisa diselesaikan dengan kekeluargaan dan mengedepankan adat budaya Gayo.

"Saya berharap semua pihak dapat mendinginkan suasana, sudahlah tidak usah diperbesar lagi, Aceh Tengah sedang butuh perhatian semua pihak untuk menangani permasalahan Banjir dan Covid-19," kata Arwin menambahkan.

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua PDI Perjuangan selama tiga periode mengaku paham betul seorang kader PDI Perjuangan itu memiliki sifat militan tapi santun.

"Saya bergerak dari bawah sampai menduduki posisi hari ini, semua butuh proses, ada rasa kecewa, jengkel dan marah dalam politik itu semua biasa dan rasa itu bisa diaktualisasikan dalam berbagai bentuk,"sebutnya.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat, ia berjanji akan memanggil tokoh ulama dan tokoh adat untuk mencari solusi dalam mendinginkan suasana.

Sebab keributan pada elite akan hanya merugikan masyarakat, mendamaikan saudara yang sedang berseteru adalah perintah agama.

"Kita sedang upayakan dengan sebijak mungkin," kata Arwin.

"Drs Shabela Abubakar dan Firdaus SKM diusung oleh PDI Perjuangan dalam Pilkada yang lalu, jadi saya pribadi punya tanggungjawab besar untuk mendinginkan suasana dan mendukung upaya-upaya perbaikan hubungan diantara keduanya. Sekali lagi mari kita ciptakan kondisi daerah dan pemerintahan dengan sejuk, tentram dan damai,"harapnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...