Ketika Salju di Sahara Bukan Sekadar Lirik Lagu

FOTO | Geoff Robinson PhotographySalju di Gurun Sahara
A A A

JIKA Anda tahu lagu dari penyanyi Indonesia yang mendunia, Anggun, Anda pasti ingat judul lagunya “Snow on The Sahara” di tahun 90-an yang berarti “salju di sahara”. Judul lagu tersebut nampaknya jadi kenyataan, setelah Anda melihat fenomena salju turun di gunung pasir di Aljazair.

Aïn Sefra, sebuah gurun di negara Afrika Utara ini terlihat seperti pintu gerbang surealis untuk musim dingin. Kota ini mengalami hujan salju singkat pada 19 Desember lalu, dan fotografer Karim Bouchetata menangkap fenomena tersebut dalam foto.

Ini memang bukan kali pertama salju turun di gurun tersebut. Sebelumnya, salju secara signifikan pernah melapisi Gurun Aïn Sefra pada Februari 1979. Seperti dilaporkan CNN, kasus dulu terjadi setelah badai salju selama setengah jam. Setelah itu, debu salju rutin datang ke kota tersebut kira-kira setiap 10 tahun sekali.

Suhu tertinggi di gurun selama musim kering rata-rata adalah 23 derajat Celsius per tahun, dan bisa turun sampai 12 derajat pada Desember. Sedangkan suhu musim panas bisa mencapai 43 derajat Celsius. Curah hujan sendiri rata-rata kurang dari tujuh inci per tahun.

Gurun Aïn Sefra sendiri bisa menyajikan pemandangan yang luar biasa ketika Anda datang ke sana. Apalagi dengan turunnya lapisan salju tipis yang membuatnya lebih dramatis. Demikian seperti dilansir dari Lonelyplanet.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...