NATO

Kerahkan Empat Kapal Perang ke Laut Hitam

FOTO | Impact Press GroupKapal-kapal perang NATO saat berlayar di Laut Hitam.
A A A
Kapal-kapal NATO kelompok anti-ranjau No 2 (SNMCMG2) telah tiba di Odessa untuk kunjungan ke Ukraina,

ODESSA - NATO mengerahkan empat kapal perang ke Laut Hitam dan telah memasuki Pelabuhan Odessa. Kapal-kapal perang itu akan bertahan di Ukraina hingga 20 April mendatang.

”Kapal-kapal NATO kelompok anti-ranjau No 2 (SNMCMG2) telah tiba di Odessa untuk kunjungan ke Ukraina,” bunyi pernyataan pers Komando Angkatan Laut Militer Ukraina yang dipublikasikan di Facebook pada hari Jumat.

Empat kapal perang NATO itu terdiri dari kapal Polandia ORP KX CZERNICKI dan tiga kapal penyapu ranjau Spanyol ESPS Duero. Selain itu kapal Jerman FGS Rottweil, dan kapal Turki TCG ALANYA juga ambil bagian.

Menurut pernyataan Angkatan Laut Ukraina, kapal-kapal NATO akan tinggal di Odessa sampai 20 April. Selama kunjungan itu, para kru dan komandan kapal perang akan bertemu dengan komandan Angkatan Laut Ukraina, Kepala Administrasi Negara Odessa, dan Dewan Kota Odessa.

”Program kunjungan juga termasuk latihan yang bertujuan untuk menguji daya tahan kapal, serta kompetisi di antara mereka dan para kru kapal,” lanjut pernyataan Angkatan Laut Ukraina yang dikutip dari Russia Today, Sabtu (18/3/2017).

Pada pertemuan tingkat menteri NATO 16 Februari lalu, negara-negara anggota NATO sepakat untuk meningkatkan kehadiran militernya di Laut Hitam.

”Kami sepakat untuk penambahan jumlah, peningkatan kehadiran angkatan laut NATO di Laut Hitam untuk pelatihan, latihan dan kesadaran situasional, dan fungsi koordinasi maritim,” kata Sekjen NATO Jens Stoltenberg pada saat itu.

Pemimpin NATO ini mencatat bahwa empat brigade yang telah dikerahkan di perbatasan Rusia, yakni di Estonia, Latvia, Lithuania, dan Polandia akan mulai beroperasi pada. Empat brigade militer NATO itu akan berfungsi sebagai ”pesan yang jelas kepada setiap calon penyerang”.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...