Pasca Libur Panjang

Kendaraan dan Penumpang Tertahan di Sabang

FOTO | Jalaluddin ZkySejumlah kendaraan tertahan di Balohan Sabang
A A A

SABANG - Diperkirakan faktor cuaca ekstrim yang melanda kawasan perairan Sabang, dalam dua pekan terakhir maka hingga akhir masa cuti bersama penumpang dan kenderaan menumpuk di Pelabuhan Balohan Sabang. Kamis (21/06/18)

Kendaraan roda empat dan roda dua masih memadati area parkir dan kantong antrian pelabuhan akibatnya, calon penumpang harus tidur di warung-warung pedagang dan kantor pelabuhan setempat.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang Iskandar mengatakan, kami memprediksi arus balik dari Sabang menuju Banda Aceh sampai dengan hari Minggu mendatang, pun begitu hari ini sampai kendararaan dan penumpang yang hendak menyeberang ke daratan Aceh dan kota lainnya sudah memadati pelabuhan", katanya.

Dijelaskan, pelabuhan penyeberangan Ferry Balohan mulai dipadati calon penumpang dan kenderaan roda dua maupun roda empat sejak H-2 atau sejak hari Meugang pertama lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah 2018 Masehi.

Untuk hari ini saja kenderaan roda empat saja ada sekitar 80 unit dan kenderaan roda dua sekitar 200 unit untuk diberangkatkan menuju Pelabuhan ulee-lheue Banda Aceh. Sementara, dikantonf-kantong parkir masih banyak yang ikut antri.

 “Pagi ini yang masuk dalam manifest untuk diberangkatkan ada 80 unit mobil dan 200 sepeda motor, jumlah tersebut masih akan bertambah lagi karena masa cuti bersama akan berakhir”, jelas Iskandar.

Untuk jadwal keberangkatan kapal pihaknya mengakui telah meminta kepada pihak Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Persero, sebagai pengelola kapal untuk menambahkan volume keberagkatan, jika cuaca mendukung agar kenderaan dapat terangkut semua.

“Kita sudah ajukan penambahan pemberangkatan kapal, yang semula dua trip menjadi tiga trip untuk kapal KMP BRR terakhir bertolak ke Banda Aceh pukul 19.00 Wib dan untuk kapal KMP.

Tanjung Burang menjadi dua trip bertolak ke Pelabuhan Balohan Sabang”, terangnya. Untuk kenderaan baik roda dua atau roda empat yang sudah antri dari malam hari dipastikan akan berangkat pada pagi ini, sedangkan kenderaan yang mengantri hari ini akan diberangkatkan pada besok hari.

Penyebab terjadinya penumpukan kenderaan tersebut bukan faktor operator kapal akan tetapi disebabkan faktor cuaca yang kurang bersahabat. Pun demikian, pihaknya berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada calon penumpang mengingat saat ini area Pelabuhan Balohan Sabang sangat kecil sementara pengunjung tiap tahunnya terus meningkat. Ungkanya.

Penulis:Jalaluddin Z.Ky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...