Bunda,

Kenali Jenis Alergi yang Sering Dialami Anak-Anak

FOTO | TheasianparentIlustrasi
A A A
Alergi sering muncul pagi-pagi meler tanpa panas badan. Ada juga alergi makanan. Kedia ini penyakit alergi yg sering muncul pada anak,

ANAK gampang sekali terkena alergi apalagi kalau orangtuanya sudah menurunkan bakat penyakit itu. Ada beragam jenis alergi, terutama yang dipicu oleh makanan.

Spesialis Anak Dr dr Prof Budi Setiabudiawan SpA(K) menjelaskan, jenis alergi terbanyak pada anak itu seperti ada asma, bengek, eksim, hingha rhinitis alergi. Seiiring bertambahnya usia anak, bakat alergi pada anak bisa hilang.

"Alergi sering muncul pagi-pagi meler tanpa panas badan. Ada juga alergi makanan. Kedia ini penyakit alergi yg sering muncul pada anak," katanya di sela Talkshow Si Kecil Ceria karena Bunda Tanggap Alergi di The Hook kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Prof Budi menyebutkan, sekira 30-40 persen atau setara 550 juta peduduk dunia menderita penyakit alergi asma, rhinitis, eksim, tungau debu rumah dan makanan. 0,5-075 persennya, anak menderita alergi protein susu sapi. "Alergi protein susu sapi kedua terbanyak setelah alergi telur.

Tapi di samping itu ada 170 jenis makanan yang memicu alergi," tambah Prof Budi. Lebih lanjut, dia menjelaskan, alergi merupakan salah satu gangguan sistem kekebalan tubuh yang abnormal.

Alergi bisa muncul dari faktor genetik maupun lingkungan. Alergi tidak dapat disembuhkan, tetapi hanya bisa dikendalikan. Sedini mungkin anak harus dites bakat alergennya agar tak menurunkan kualitas hidupnya.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...