Nova Iriansyah:

Kemampuan Penyelenggara Pemilu Harus Ditingkatkan

FOTO | ISTIMEWAWakil Gubernur Aceh, | Ir. H. Nova Iriansyah, MT
A A A

Dibutuhkan langkah-langkah peningkatan kapasitas bagi penyelenggara Pilkada agar memiliki semangat dan persepsi yang sama dalam mendukung pesta demokrasi nanti,

Ir. H. Nova Iriansyah, MT Wakil Gubernur Aceh

BANDA ACEH - Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengajak penyelengara pemilihan umum untuk terus meningkatkan kemampuan dan kinerja guna mendukung suksesnya Pilkada serentak tahun 2018 nanti.

Hal tersebut disampaikan Nova dalam sambutannya pada acara Bimbingan Teknis Terpadu Pilkada 2018 KPU Se-Indonesia di Anjong Mon Mata.

“Dibutuhkan langkah-langkah peningkatan kapasitas bagi penyelenggara Pilkada agar memiliki semangat dan persepsi yang sama dalam mendukung pesta demokrasi nanti,” ujar Nova.

Selain itu lanjut Nova, koordinasi dan komunikasi dengan berbagai komponen lain juga harus dibangun dengan baik, sehingga berbagai potensi yang menghambat jalannya tahapan Pilkada dapat diantisipasi sejak dini.

“Kerjasama dan dukungan elemen masyarakat juga perlu diperkuat agar proses sosialisasi berlangsung secara meluas,” ujar Nova.

Pilkada serentak di Aceh beberapa waktu lalu kata Nova berlangsung cukup sukses. Partisipasi pemilih juga cukup tinggi, mencapai 77 persen. Bahkan di sejumlah kabupaten/kota ada yang tingkat partisipasinya di atas 85 persen.

Hal ini menurut Nova, menjadi gambaran bahwa masyarakat Aceh cukup antusias mendukung Pilkada tersebut. Tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja pelaksana Pilkada juga sangat baik.

“Kepercayaan ini harus terus dijaga agar proses demokrasi lebih sehat dan partisipasi masyarakat lebih meningkat,” kata Nova.

Khusus untuk Aceh, Nova yakin bahwa KIP provinsi Aceh dan KIP Kabupaten/kota telah melakukan evaluasi atas pelaksanaan Pilkada yang berlangsung Februari lalu.

Hasil evaluasi tersebut kata Nova, dapat dijadikan sebagai rujukan untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2018 nanti, sehingga hal-hal yang dianggap berhasil dapat ditingkatkan, dan yang dianggap kurang berhasil, dapat diperbaiki.

Pada kesempatan tersebut, Nova juga menyampaikan terima kasih kepada KPU Pusat dan DKPP RI yang telah memilih Aceh sebagai tuan rumah untuk kegiatan Bimtek Terpadu Pilkada 2018 gelombang ke-3.

“Semoga kegiatan ini dapat memotivasi KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh untuk dapat meningkatkan kinerjanya agar Pilkada Aceh tahun depan di Aceh berjalan sukses.

Sebagaimana diketahui, Pilkada serentak tahun 2018 akan berlangsung di 17 Provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten di Indonesia.

Khusus untuk Aceh, Pilkada akan diselenggarakan di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Selatan, serta satu kota, yaitu Kota Subulussalam.

Pilkada di tiga wilayah itu merupakan susulan setelah awal tahun ini berlangsung Pilkada serentak di Aceh yang melibatkan 20 Kabupaten/kota dan satu di tingkat Provinsi.

Kepercayaan ini harus terus dijaga agar proses demokrasi lebih sehat dan partisipasi masyarakat lebih meningkat,
Kode:47
Sumber:Humas Aceh
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...