Pahatan Wajah Manusia di Lahat

Keeksotisan Air Terjun Masanak Masaris & Kemisteriusan

FOTO | ISTIMEWAAir Terjun Masanak Masaris, Lahat
A A A

ADA yang tidak biasa di destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Lahat. Tapi, sebelum dibahas destinasi wisata tersebut. Lebih baik kita berkenalan terlebih dahulu dengan Kabupaten Lahat. Kabupaten Lahat merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten yang dipimpin oleh Aswari Rivai itu terdiri atas tujuh kecamatan induk, yaitu Lahat, Kiki. Kota Agung, Jarai, Tanjung Sakti, Pulau Pinang dan Merapi. Dari ibukota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, Kabupaten Lahat berjarak 249,5 kilometer jauhnya, atau sekira lama perjalanan 6 jam 28 menit.

Kabupaten Lahat memang jarang terdengar di media-media mainstream, namun bukan berarti Lahat tidak memiliki potensi pariwisata. Justru sebaliknya, Lahat dapat membuat hati para wisatawan yang selama ini hanya terpaku pada Lombok dan Bali, bisa berpaling mencintai Lahat, bahkan pada kali pertama kunjungan. Pasalnya, kabupaten yang juga dijuluki Bumi Seganti Setungguan tersebut memiliki ribuan situs warisan megalitik yang unik-unik bentuknya dan ratusan air terjun yang eksotis.

Salah satu air terjun eksotis tersebut ialah Masanak Masaris. Akan tetapi, ada hal yang sangat berbeda dan menonjol dari air terjun ini. Sebab, ada sebuah lubang besar dibalik hempasan airnya. Lubang besar tersebut terlihat gelap dari luar.

Selain itu, ada sebuah pahatan batu tua di dalam gua tersebut. Pahatan batu tua berbentuk tidak biasa dan cukup mencengangkan karena berbentuk menyerupai kepala manusia.

Sosok yang digambarkan dengan patung itu seperti laki-laki, dilengkapi dengan telinga, mata, hidung, bibir, dagu hingga leher yang masih jelas terlihat. Sehingga menambah kesan mistis. Suasana sekitar air terjun pun masih sangat asri dan lestari. Air yang menghempas dari atas tebing cukup deras. Namun, sayangnya warna air tidak terlalu jernih, berwarna sedikit kehijauan.

Di sekitar gua tumbuhan dan lumur-lumur menutupi permukaan tebing. Anda penasaran dan ingin melihat langsung, cobalah untuk segera menuju ke Desa Lekung Daun, Kecamatan Pagar Gunung, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...