Kata KPK Soal Niat Novanto Bantu Ungkap Kasus Century

FOTO | ISTIMEWAWakil Ketua KPK Saut Situmorang
A A A

JAKARTA - Koruptor e-KTP Setya Novanto mengaku memiliki data akurat untuk mengungkap skandal Bank Century. KPK pun membuka tangan bagi Novanto.

"KPK pasti mengapresiasi setiap informasi yang disampaikan pihak mana pun," ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada wartawan, Jumat (14/9/2018).

Saut pun tidak terlalu ambil pusing apakah informasi dari Novanto itu kuat atau tidak. Yang terpenting, baginya, informasi itu harus mengarah pada apa yang dituju.

"Informasi lemah pun atau small signal, kalau itu leading to open the cases more fluid itu pasti memiliki nilai. Apalagi kalau info yang disebut sebagai informasi yang kuat," ucap Saut.

Sebelumnya Novanto mengklaim memiliki data kuat untuk membongkar skandal itu. Novanto memposisikan dirinya sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR ketika perkara itu bergulir.

Terlepas dari itu, Saut memastikan penanganan kasus tersebut masih berjalan di tangan KPK. Dia memastikan ada perkembangan yang disampaikan nanti.

"Proses Century masih dalam track-nya. Tunggu saja perkembangannya," tutur Saut.

Beberapa waktu lalu KPK sempat menyampaikan adanya tindak lanjut penanganan kasus Century yang dilakukan dengan menganalisis fakta persidangan, termasuk dokumen-dokumen, untuk mencari bukti-bukti terkait dugaan tindak pidana yang dilakukan dalam kasus Century.

KPK menganalisis pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP), penyertaan modal sementara (PMS), dan proses merger bank. Penanganan perkara itu didasari pada putusan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Budi Mulya, yang awalnya dihukum 10 tahun penjara kemudian diperberat menjadi 15 tahun di tingkat kasasi.

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...