Kapal Selam Baru TNI AL Dalam Perjalanan dari Korea

FOTO | ISTIMEWAKapal Selam KRI Ardadedali-404
A A A
Kapal ini kerja sama Indonesia dan Korea. KRI Ardadedali merupakan salah satu dari tiga kapal selam yang dipesan Indonesia dari Korea. Satu sedang diselesaikan perakitan di galangan DSME dan satu lagi dirakit oleh PT PAL di Surabaya,

JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mendapatkan tambahan kapal selam baru. Hal itu ditandai dengan diresmikannya KRI Ardadedali 404 di galangan Daewoo Shipbulding and Marine Engineering Co, Ltd (DSME), Okpo, Korea Selatan (Korsel), pekan lalu.

Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Totok Sugiharto menjelaskan ‎KRI Ardadedali 404 sedang dalam perjalanan dari Korsel menuju Indonesia. Butuh waktu 20 hari untuk sampai di Tanah Air.

"Kapal ini kerja sama Indonesia dan Korea. KRI Ardadedali merupakan salah satu dari tiga kapal selam yang dipesan Indonesia dari Korea. Satu sedang diselesaikan perakitan di galangan DSME dan satu lagi dirakit oleh PT PAL di Surabaya," jelas Totok.

Menurutnya, selama ini, Indonesia baru memiliki dua kapal selam. Jika tiga kapal selam hasil kerja sama dengan Korsel itu selesai dibuat maka Indonesia baru memiliki lima kapal selam.

"Ini dapat memberikan efek getar yang tinggi dalam sistem pertahanan negara di kawasan," tutur Totok.

Dia menambahkan dalam kontrak kerja sama, Indonesia tidak hanya membelikan kapal selam, tetapi juga mendapatkan transfer teknologi. Dalam pengadaan tiga kapal selam dari Korsel itu, sejumlah ahli Indonesia terlibat dalam pembuatannya. Hal itu agar di masa mendatang, pihak Indonesia juga bisa merakit kapal selam sendiri.

Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...