Kunjungan Wisatawan Meningkat,

Jumlah Maskapai Penerbangan Buka Rute Jakarta-Banyuwangi

FOTO | Shutterstock.
A A A

PARIWISATA adalah salah satu sektor yang menjanjikan untuk mendukung perekonomian suatu daerah maupun negara. Kunjungan wisatawan tentunya diharapkan oleh pemerintah setempat. Guna menarik minat dari wisatawan, sejumlah usaha seperti pengembangan fasilitas dan peningkatan kualitas harus terus dilakukan.

Salah satu cara untuk mengembangkan fasilitas adalah mempermudah akses menuju sebuah destinasi wisata. Menyadari hal tersebut, salah satu maskapai penerbangan Tanah Air yaitu Citilink membuka rute penerbangan baru dari Jakarta menuju Banyuwangi, begitu juga sebaliknya. Penerbangan langsung ini diharapkan bisa menumbuhkan jumlah kunjungan wisatawan ke salah satu kota di Jawa Timur tersebut.

Seperti yang diketahui, sektor pariwisata di Banyuwangi terus mengalami peningkatan, baik dari segi pengembangan fasilitas wisata maupun jumlah wisatawan. Tercatat sebanyak 4,8 juta wisatawan sudah berkunjung. Tak hanya itu, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) juga sudah menembus angka 100ribu orang.

Hal itulah yang menjadi bahan pertimbangan untuk membuka rute baru. “Semangat Banyuwangi untuk pengembangan wisata sejalan dengan komitmen Citilink mendorong ekonomi lokal melalui pembukaan akses penerbangan dan mendukung pengembangan pariwisata nasional. Tidak menutup kemungkinan Citilink akan menambah rute penerbangan ke kota-kota lain,” tutur Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo saat ditemui dalam konferensi media, Kamis (15/2/2018) di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta.

Sementara itu, pembukaan rute baru ini diapresiasi oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya. Ditemui dalam kesempatan yang sama dirinya mengatakan, “Rute Jakarta-Banyuwangi memiliki potensi pasar yang menjanjikan karena sektor pariwisata terus berkembang. Terlebih dengan adanya 77 event di sepanjang tahun ini membuat setiap minggunya selalu ada 1,5 event kira-kira untuk dilihat wisatawan.”

Rute baru ini melayani penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta- Bandara Banyuwangi (PP). Pada tahap awal akan dibuka satu kali penerbangan satu hari. Dengan menggunakan pesawat Boeing B-735 nantinya sebanyak 120 penumpang bisa diangkut. Pemesanan untuk penerbangan sendiri sudah mulai bisa diakses oleh masyarakat maupun wisatawan.

Dalam kesempatan ini, Menpar Arief Yahya bersama Juliandra, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, beserta jajaran lainnya meresmikan rute tersebut sekaligus merasakan penerbangan perdana dari Jakarta menuju Banyuwangi. Di sisi lain, telah ada 3 maskapai penerbangan yang lebih dahulu membuka rute tersebut.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...