Gani dan RM Asy Syuhada

Juara Pawai Takbir Aceh Besar

FOTO | MariadiBupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menyerahkan hadiah piala kepada juara lomba pawai takbir keliling menyambut hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah Kabupaten Aceh Besar di depan Masjid Jamik Lambaro, Kamis (14/6/2018) malam.
A A A

ACEH BESAR - Tim Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya dan Tim remaja masjid Asy Syuhada Lampanah, Kecamatan Indrapuri berhasil meraih juara lomba pawai takbiran Idul Fitri 1439 Hijriah Kabupaten Aceh Besar untuk katagori pawai mobil hias serta berjalan kaki, yang berlangsung di Masjid Jamik Lambaro, Kamis (14/6/2018) malam.

Plt Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar, Carbaini SAg, menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti pawai takbir tahun ini sebanyak 70 regu atau tim. "Lomba terbagi dua katagori yakni takbir dengan mobil hiasdan jalan kaki yang berasal dari instansi pemerintag serta masyarakat,"ujarnya.

Penilaian yang dilakukan berupa semangat bertakbir, tajwid, Lafadz, keindahan lagu, suara dan kekompakan dalam bertakbir, kreatifitas hiasan mobil, keunikan seragam peserta serta unsur penilaian lainnya.

Sebagaimana dibacakan Ketua dewan hakim musabaqah pawai takbir Idul Fitri 1439 H Aceh Besar, Ustad Edy Mukhlis bersama Sekretrisnya Ustad Sibran SPdI, ditetapkan 12 tim sebagai juara pawai takbir keliling Aceh Besar 2018 , antara lain kategori mobil hias juara I dan II diraih dua utusan Kecamatan Ingin Jaya yakni Gampong Gani dan Lampreh mendapat uang pembinaan Rp5 juta, dan Rp4 juta. Sedangkan, juara III di boyong gampong Bueng Bajok Kecamatan Kuta Baro hadiah Rp3 juta,. Sementara, juara harapan I, II dan III masing - masing Gampong Lamsidaya Kecamatan Darul Imarah dengan hadiah Rp1,5 juta, Semereng Kecamatan Suka Makmur (Rp1.5 juta) dan Lubok Batee Kecamat Ingin Jaya (Rp 500 ribu).

Untuk katagori pejalan kaki juara pertama diraih tim Masjid Asy Syuhada, Kecamatan Indrapuri, hadiah sebesar Rp 6 juta. Juara II Menara Baru, Kemukiman Pangoe, Kecamatan Krueng Barona Jaya Rp 5 juta, dan juara III Kantor Camat Seulimum (Rp 4 juta)

Untuk juara harapan I, II dan III masing-masing diperoleh Gampong Lamsie Daya, Kecematan Darul Imarah (Rp 3 juta), Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya (Rp 2 juta) serta Pesantren Tgk Chik Oemar Diyan- Indrapuri Rp 1 juta. Kepada para juara selain mendapatkan uang pembinaan juga diberikan piala tetap dari Pemkab Aceh Besar.

Pada perlombaan takbir keliling pertama di Aceh Besar yang dilepas oleh Bupati Ir Mawardi Ali dan Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab ditandai dengan pemukulan beduk pada pukul 20.30 WIB dan berakhiri pukul 24.00 WIB dini hari.

Bupati Mawardi Ali pada kesempatan itu, mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan ketaqwaan ke Allah SWT. "Kita berharap pawai takbir ini, selain mengagungkan dan kebesaran Allah SWT, juga dalam upaya mempererat dan ukhuwah dalam memperkuat Syariat Islam, khususnya di Aceh Besar," pungkasnya.

Pada malam takbiran itu, selain disaksikan ribuan masyarakat Aceh Besar, event perdana yang akan dijadikan agenda tahunan pada malam hari raya Idul Fitri. Turut juga hadir Sekda Aceh Besar Drs Iskandar MSi, Ketua DPRK Sulaiman SE, Kapolres Aceh AKBP Heru Suprihasto, Dandim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, Wakil Ketua DPRK Ansari Muhammad SPt MSi, Danyonkav 11/MSC, Kepala SKPK, para Camat dan para pejabat dijajaran Pemkab Aceh Besar serta pimpinan BUMN dan BUMD.

Plt Kadis Syariat Islam Aceh Besar Carbaini menambahkan para peserta pawai takbit dengan berbagai corak mobil hias dan para pejalan keliling dengan dilengkapi obor mulai star dan finish di depan Masjid Jamik Lambaro Kecamatan Ingin Jaya dengan rute menjju bundaran Lambaro -jembatan arah Blang Bintang.

Khusus penjalan kaki hanya sampai Gani kemudian kembali ke Masjid Lambaro dan bagi mobil hias langsung ke bandara Blang Bintang-Peukan Ateuk Kutabaro- kampus Abulyatama- jembatan Cot Iri (belok kiri) jalan bakoy-belokann depan Hotel Hijrah- jembatan Lambaro dan finish di Masjid Jamik lambaro. "Pelaksanaan pawai takbir Idul Fitri untuk pertama kalinya diperlombakan ini berlangsung tertib, aman, lancar dan sukses. Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang ikut berpartisipasi, dan jajaran pemerintah mulai dari TNI/Polri, Dishub dan Satpol PP dan WH Aceh Besar serta elemen masyarakat lainnya," demikian Carbaini.

Penulis:Mariadi
Kode:47
Rubrik:Aceh Besar

Komentar

Loading...