Disdukcapil

Juara Lomba Masak ‘Kuah Pliek U’ DWP Banda Aceh

pliek u
A A A

Memang secara umum rasanya sama karena menggunakan bahan baku Pliek U, namun yang mejadi pembeda takaran bumbu-bumbunya serta kelengkapan isi kuah yang mempengaruhi rasa khas Kuah Pliek U.

Buraida Dewan Juri

BANDA ACEH - Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Banda Aceh menggelar Lomba Masak Kuah Pliek U yang diikuti oleh perwakilan pengurus DWP dari setiap SKPK dan kecamatan di lingkungan Pemko Banda Aceh.

Mengusung tema "Mempopulerkan Masakan Tradisional 'Kuah Pliek U' Bernilai Jual Tinggi", acara ini dibuka oleh Ketua DWP Banda Aceh Ny Buraida Bahagia, Selasa (9/5/2017) di Pendopo Wali Kota Banda Aceh.

Dalam perlombaan ini, para peserta diberikan waktu masing-masing selama 45 menit untuk menghidangkan Kuah Pliek U yang telah dimasak sebelumnya, lengkap dengan penganan pendampingnya seperti Eungkot Masen dan Keurupuk Mulieng.

Menurut Buraida yang juga menjadi salah satu dewan juri, dasar penilaian yang utama yakni rasa, baru kemudian cara penyajian atau penampilannya. “Memang secara umum rasanya sama karena menggunakan bahan baku Pliek U, namun yang mejadi pembeda takaran bumbu-bumbunya serta kelengkapan isi kuah yang mempengaruhi rasa khas Kuah Pliek U.”

Ia berharap Pliek U sebagai bahan utama kuah yang biasanya dimasak secara bersama-sama oleh kaum ibu ini, dapat setenar Kimchi -makanan tradisional Korea berbahan baku Sawi- yang juga dibuat dengan proses fermentasi. “Kita juga ingin masakan tradisional Aceh ini dapat diterima dimana saja.”

Istri Sekdako Banda Aceh ini juga menyampaikan apresiasi atas antusias dan semangat para peserta untuk mengikuti lomba. “Semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk terus melestarikan dan mempopulerkan masakan khas Aceh, sehingga nanti anak cucu kita tetap dapat menikmatinya, dan tidak hanya memfavoritkan makanan ala luar negeri,” harapnya.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, Kuah Pliek U yang paling menggugah selera dan dinobatkan sebagai Juara I yakni yang dimasak oleh ibu-ibu DWP dari Disdukcapil. Juara II diraih oleh Sekretariat Daerah, dan Juara III Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Sementara Juara Harapan I, II, dan III, masing-masing diraih oleh pengurus DWP Badan Pengelolaan Keuangan, Dinas PU, dan Komisi Independen Pemilihan. Kepada para pemenang diberikan piagam penghargaan plus sejumlah dana pembinaan. Hadiah hiburan turut diberikan kepada enam peserta yakni Kecamatan Baiturrahman, Jaya Baru, Bappeda, BKPSDM, PDAM, dan DLHK2.

Penulis:Jun
Editor:AK Jailani
Fotografer:Jun
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...