Jong-un Kirim Sinyal Korut Bakal Uji Coba Rudal Balistik

FOTO | IstimewaPemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengirim sinyal jika negaranya akan kembali melakukan uji coba rudal balistik.
A A A

PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengirim sinyal jika negaranya akan kembali melakukan uji coba rudal balistik. Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah berada di tahap akhir untuk melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antar benua (ICBM).

"Penelitian dan pengembangan peralatan persenjataan yang mutakhir telah menunjukkan kemajuan dan persiapan uji peluncuran roket ICBM berada di tahan akhir," kata Jong-un dalam pidatonya di telivisi seperti dikutip dari Asian News Channel, Minggu (1/1/2017).

Korut telah melakukan uji rudal balistik pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya selama tahun 2016. Meskipun begitu, beberapa ahli mengatakan dibutuhkan beberapa tahun bagi Korut untuk mengembangkan ICBM yang dilengkapi dengan hulu ledak nuklir yang mampu mencapai Amerika Serikat (AS).

Korut terakhir kali berhasil melakukan uji coba rudal balistik terjadi pada bulan September lalu. Saat itu, Pyongyang menembakkan 3 rudal balistik ke laut pada Senin kemarin ditengah pertemuan pemimpin dunia dalam KTT G20 di China. Saat itu, Korut kemungkinan menembakkan rudal Rodong dengan jangkauan 1.000 km.

Selang sebulan kemudian negara terisolasi itu kembali mencoba melakukan uji coba namun berujung pada kegagalan. Pentagon mengatakan Sistem Komando Strategis AS mendeteksi bahwa rudal Musudan gagal dalam peluncuran yang dilakukan di dekat kota barat laut Kusong, Korut.

Sumber: sindonews.com
Rubrik: Dunia

Komentar

Loading...