‘Jika Pakai Teknologi Video, City Harusnya Dapat Penalti Lawan Spurs’

FOTO | REUTERSMantan wasit Premier League Howard Webb menilai pentingnya penggunaan teknologi terkait insiden terhadap Raheem Sterling dalam laga Manchester City versus Tottenham Hotspur.
A A A

MANCHESTERS - Mantan wasit Premier League Howard Webb menilai pentingnya penggunaan teknologi terkait insiden terhadap Raheem Sterling dalam laga Manchester City versus Tottenham Hotspur.

Dalam pertandingan di Etihad, Sabtu (21/1/2017), itu Sterling tampak dapat dorongan dari Kyle Walker ketika hendak menembak. Sterling masih berusaha lanjut tapi kemudian hilang keseimbangan dan Hugo Lloris pada akhirnya bisa mengantisipasi.

Pertandingan tersebut pada akhirnya tuntas dengan skor 2-2. Padahal Webb menilai hasil akhir bisa sangat berbeda jika saja wasit Andrea Mariner memberi City penalti akibat pelanggaran terhadap Sterling.

"Anda akan bisa melihat insiden didorongnya Sterling, dan bahwa mestinya ada penalti dan kartu merah. Tapi berusaha menempatkan diri di posisinya (Mariner), adegannya cepat dan jaraknya cukup jauh," kata Webb di talkSPORT.

"Ia mungkin tak menduga ada dorongan dari Kyle Walker, ia menduga ada yang tersandung atau tekel. Mungkin ia tak melihatnya dari belakang? Asisten wasit mestinya melihat. Maka ia harus memutuskan, seberapa besar efeknya ke Sterling? Posisinya masih jauh untuk menembak dan membuat persinggungan dengan bola, tapi ia mesti mengaitkan seberapa besar efek itu kepada pemain.

"Mungkin saja ini perkara lain mengenai teknologi yang mestinya dipakai sehingga kita bisa berpaling lagi ke Andre dalam situasi itu dan bilang 'hentikan permainan, itu sebuah penalti dan kartu merah'. Bukan karena itu salah satu keputusan kecil, kita lihat sebelumnya Sterling jatuh dengan (Victor) Wanyama. Itu keputusan kecil.

"Dalam hal ini (Sterling dengan Walker) tidak demikian. Jelas-jelas ada dorongan keras yang berpengaruh kepada peluang Sterling untuk menembak dan (seandainya) pakai wasit video maka bisa ada yang mengatakan 'beri penalti, keluarkan kartu merah' dan Man City jadi unggul 3-1," tuturnya.

Sumber:sport.detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...