Jepang Kantongi Informasi Soal Rudal Nuklir Korut

FOTO | ISTIMEWAPasukan Militer Jepang
A A A

TOKYO - Jepang selalu mengumpulkan dan menganalisis informasi terkait rudal nuklir Korea Utara (Korut) dengan perhatian yang besar. Demikian pernyataan juru bicara pemerintah Jepang.

Kepala Sekretarsi Kabinet Jepang, Yoshihide Suga mengatakan, pemerintah Jepang telah mengambil semua tindakan yang mungkin untuk peringatan dan pengawasan terhadap Korut seperti dikutip dari Reuters, Selasa (10/1/2017).

Korut sebelumnya menyatakan bisa melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antara benua (ICBM) setiap saat dari setiap lokasi yang ditetapkan oleh pemimpin Kim Jong-un. Korut mengatakan kebijakan permusuhan AS yang harus disalahkan atas pengembangan nuklir yang dilakukan negara itu.

Kim Jong-un pada perayaan Tahun Baru 2017 mengumumkan bahwa uji peluncuran rudal ICBM sudah dekat. Pengumuman itu lantas disambut pawai massal ribuan warga Korut di Pyongyang. ”ICBM tersebut akan diluncurkan kapan saja dan di mana saja yang ditentukan oleh kantor pusat tertinggi DPRK,” tulis kantor berita Korut, KCNA, mengutip seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut yang tak disebutkan namanya.

Sebelumnya, pembelot Korut, Thae Yong-ho mengatakan Korea Utara (Korut) berencana untuk merampungkan pembangunan rudal balisitik antarbenua mereka paling cepat akhir 2017, dan paling lambat awal 2018.

Sumber: sindonews.com
Rubrik: Dunia

Komentar

Loading...