Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Jelang Idul Adha, Pertamina Tambah Elpiji Fakultatif untuk Aceh

HT ANWAR IBRAHIMPangkalan elpiji
A A A

BANDA ACEH - Menjelang Idul Adha, muncul informasi kenaikan harga elpiji di Aceh. Informasi tersebut dijawab oleh Pertamina dengan menindaklanjuti melalui aksi melakukan pemeriksaan ke pangkalan-pangkalan elpiji.

Pada hari Sabtu 25 Juli 2020, pihaknya melakukan pengecekan langsung ke pangkalan-pangkalan di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

"Kami dapati stok tersedia di pangkalan sebanyak 12.530 tabung, dijual sesuai HET Rp 18.000 untuk radius 60 km. Namun dari pengamatan kami, harga elpiji 3 kg subsidi melambung di level pengecer, di kisaran Rp27.000 hingga Rp 35.000,” tutur Roby Hervindo, Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I.

Menyikapi permainan harga yang dilakukan pengecer tersebut, Pertamina MOR I menyiapkan penambahan elpiji fakultatif untuk wilayah Aceh.

Sejak tanggal 27 Juli hingga 5 Agustus 2020, disiapkan penambahan fakultatif sebanyak 248.640 tabung. Penyalurannya menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat.

Dengan penambahan fakultatif sebanyak 9,7 persen tersebut, maka total stok yang disiapkan berjumlah 2,8 juta tabung.

"Penambahan fakultatif ini untuk mengantisipasi penambahan libur Idul Adha pada tanggal 30 Juli dan 3 Agustus 2020. Penambahan fakultatif itu sendiri dilakukan melalui pangkalan resmi Pertamina," ujar Roby.

Selain menjaga pasokan elpiji 3 kg subsidi aman, Pertamina juga pastikan kebutuhan elpiji non subsidi Bright Gas terpenuhi. Agen dan SPBE pun siap memenuhi permintaan Bright Gas oleh masyarakat.

Stok elpiji yang tersedia, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 26 hari kedepan. Sementara stok BBM jenis bensin (Pertamax Series, Pertalite, dan Premium) tersedia hingga 17 hari kedepan.

Begitu pula dengan BBM jenis diesel (Biololar & Dex Series), pasokan tersedia untuk memenuhi kebutuhan hingga 32 hari kedepan. Sedangkan stok Avtur ketersediaannya hingga 159 hari kedepan.

“Kami menghimbau agar masyarakat Aceh menggunakan BBM dan elpiji dengan bijak. Bagi masyarakat mampu, gunakanlah BBM berkualitas seperti Pertamax dan Bright Gas non subsidi,” ungkap M Roby Hervindo.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...