Amerika Serikat,

Jatuhkan Sanksi kepada Lima Badan Kunci Program Rudal Iran

FOTO | ISTIMEWAAS menjatuhkan sanksi kepada lima badan kunci terkait rudal balistik Iran
A A A
Sanksi ini menargetkan badan kunci yang terlibat dalam program rudal balistik Iran, yang oleh rezim Iran menjadi prioritas dibanding kesejahteraan ekonomi rakyat Iran,

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada lima badan berbasis di Iran yang terlibat dalam program rudal balistik Iran. Kelima entitas itu dimiliki atau dikendalikan oleh sebuah perusahaan industri yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memproduksi rudal balistik solid-propelan Iran.

"Sanksi ini menargetkan badan kunci yang terlibat dalam program rudal balistik Iran, yang oleh rezim Iran menjadi prioritas dibanding kesejahteraan ekonomi rakyat Iran," kata Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters, Jumat (5/1/2018).

Kelima badan yang dijatuhkan sanksi adalah Pusat Penelitian Shahid Eslami, Shahid Kharrazi Industries, Shahid Moghaddam Industries, Shahid Sanikhani Industries dan Shahid Shustari Industries. Departemen Keuangan AS mengatakan lima badan yang diberi sanksi itu berada di bawah Grup Industri Shahid Bakeri.

Sanksi ini membekukan semua properti yang dimiliki entitas itu di AS dan melarang warga Amerika untuk berurusan dengan mereka.

Sebelumnya AS mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada Iran terkait sikap keras Teheran terhadap aksi demonstrasi anti pemerintah. AS akan mengumpulkan informasi terlebih dahulu agar dapat memungkinkan mengajukan sanksi tersebut.

Ribuan warga Iran telah mengambil bagian dalam kerusuhan di seluruh negeri yang dimulai pada 28 Desember di kota suci Masyhad melawan kebijakan ekonomi Presiden Iran Hassan Rouhani, seorang moderat yang memiliki hubungan lebih dekat dengan Barat. Saat demonstrasi berlangsung, massa mulai menargetkan lembaga agama dan politik yang lebih luas, termasuk Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Aksi protes dan tindakan keras memberi Trump kesempatan tak terduga untuk mengalihkan perhatian negatif pemerintah Iran. Ia bisa menggunakan kekerasan tersebut untuk menekan Kongres yang terbagi demi mendukung undang-undang sanksi baru. Ia juga bisa mendesak sekutu Eropa untuk mengambil tindakan yang lebih keras terhadap Iran bersama dengan AS, seperti tindakan baru yang menargetkan individu atau entitas yang menyensor atau menyakiti para demonstran.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...