Hasil Penelitian,

Jarang Ganti Kacamata Hitam Ternyata Bisa Merusak Mata

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

SOLO - Saat ini kacamata hitam tidak hanya digunakan sebagai aksesoris yang akan membuat tampilan Anda semakin trendy saja, tapi juga melindungi mata Anda dari paparan sinar UV. Kebanyakan orang mungkin tidak pernah terpikir untuk rutin membeli kacamata baru selama kacamata tersebut masih berfungsi dengan baik. Akan tetapi, penelitian terbaru mengingatkan bahwa kacamata hitam Anda harus rutin diganti. Kalau tidak rutin diganti, kacamata hitam bisa membahayakan kesehatan mata. Mengapa demikian? Simak penjelasannya dalam artikel yang dilansir dari hellosehat.com ini.

Kenapa kacamata hitam harus rutin diganti?
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Biomedical Engineering OnLine menunjukkan bahwa kacamata sinar UV yang digunakan dua jam atau lebih setiap harinya cenderung akan menurun fungsi lensanya. Hal ini terjadi karena lensa gelap tersebut lama-kelamaan akan menjadi cerah lantaran lapisan lensanya menipis dan kehilangan kemampuannya untuk melindungi mata Anda dari sinar UV.

Penelitian ini dilakukan dengan menguji kemampuan lensa hitam khusus sinar UV yang mengikuti sistem Brasil, yaitu berdasarkan tingkat kegelapan lensa dan perlindungan terhadap sinar UV. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kacamata hitam diarahkan menghadap simulator matahari yang berupa lampu berkekuatan 450 watt dengan jarak 30 cm selama 50 jam. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa lapisan lensa kacamata hitam tersebut kian menipis apabila dipergunakan secara terus- menerus.

Waktu dalam penelitian ini sebenarnya setara dengan dua hari penuh kacamata terkena paparan sinar matahari di musim panas, atau empat hari paparan sinar matahari di musim dingin. Namun, karena kedekatan Brasil dengan garis khatulistiwa, maka membuat paparan matahari di sana jauh lebih kuat dan terik dibandingkan dengan negara lainnya. Jadi pada kenyataannya, tes ini hanya setara dengan 23,5 jam paparan sinar matahari di kota São Paulo, misalnya.

Kapan harus ganti kacamata hitam?
Karena hasil penelitian tersebut menemukan bahwa lapisan kacamata hitam yang terlalu lama terkena paparan sinar matahari akan menipis, maka ini tentu akan membahayakan penglihatan Anda dalam jangka waktu panjang. Akibatnya, risiko terjadinya kerusakan kornea, struktur bagian dalam mata, hingga hilangnya penglihatan Anda pun akan semakin meningkat.

Itu sebabnya, para peneliti menghimbau agar Anda rutin mengganti atau membeli kacamata baru setidaknya dua tahun sekali agar terhindar dari bahaya yang sudah disebutkan tadi. Ganti kacamata hitam dua tahun sekali penting dilakukan untuk Anda yang sering berkegiatan di luar ruangan. Mengingat Indonesia punya iklim tropis yang tak kalah ekstrem dari negara lainnya.

Jika Anda tidak pernah mengganti kacamata, maka fungsi kacamata itu pun lama kelamaan akan sama saja dengan kacamata biasa yang tidak ada minus. Di mana hanya sekedar melindungi mata Anda dari kotoran dan debu, bukan dari sinar UV.

Tips memilih kacamata hitam yang baik untuk kesehatan mata

Berikut ini beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli kacamata hitam:

-Cari produk yang 100 persen memiliki lapisan UV dengan kadar perlindungan 100 persen. Biasanya Anda bisa menemukan keterangan tersebut pada label kacamata.

-Pilihlah bahan material lensa dan warna lensa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

-Kecocokan ukuran, model, dan frame kacamata itu penting. Jadi, jangan lupa mencoba terlebih dulu sebelum membelinya.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...