Tempe Sumber Probiotik Terbaik untuk si Kecil

Jangan Salah Mengolahnya!

istimewaTempe
A A A

PROBIOTIK rupanya tidak hanya terkandung pada susu pertumbuhan. Beberapa jenis makanan fermentasi, seperti tempe pun ternyata mengandung bakteri baik itu Moms.

Siapa sangka, makanan yang cenderung harganya murah sekali ini mengandung probiotik yang baik. Untuk itu, ibu tak ada salahnya memberikan makanan tersebut kepada si kecil, khususnya untuk makanan pendamping ASI (MPASI).

Spesialis Anak Dr dr Ariani D Widodo, SpA(K) mengatakan, segala jenis makanan fermentasi umumnya mengandung probiotik. Secara umum, bakteri baik tersebut sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan si kecil.

"Makanan fermentasi seperti tempe mengandung banyak probiotik. Anak-anak bisa mengonsumsinya karena punya manfaat menguntungkan," ujar dr Ariani di sela Media Gathering Nestle di Ayana MidPlaza, Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

Dia menjelaskan, saat memberikan tempe agar probiotiknya tidak hilang baiknya tidak dimasak. Namun ada beberapa kekhawatiran efek samping yang bakal muncul dan malah ganggu sistem pencernaan.

dr Ariani menyebutkan, jika memberikan tempe kepada anak jangan digoreng atau dipanaskan berlebihan. Metode masak seperti itu justru membuat nutrisi, terlebih kandungan probiotiknya hilang.

"Kalau anak diberikan tempe baiknya dipanaskan sebentar. Biar nutrisinya tidak hilang dan tetap ada manfaatnya," bebernya.

Selain tempe, sebut dokter yang praktik di RSIA Harapan Kita Jakarta itu, ada beberapa produk makanan yang juga mengandung sumber probiotik. Seperti halnya keju, yoghurt, bubur susu, acar, miso, dan sebagainya.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...