Jika Ingin Langsing,

Jangan Melewatkan Waktu Makan

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

Sengaja melewatkan waktu makan, biasanya makan malam, aalah salah satu kesalahan utama saat sedang berusaha menurunkan berat badan.

Untuk mengurangi berat badan, kita memang perlu membatasi asupan kalori. Namun, waktu makan bukanlah sebuah pantangan. Sudah bukan zamannya lagi diet berarti kelaparan.

Saat kita melawatkan satu atau dua waktu makan, tubuh akan mencari tahu mengapa tidak ada makanan yang masuk dan mulai mengubah menjadi "mode lapar". Selanjutnya akan timbul reaksi berupa metabolisme melambat, yang artinya penurunan berat badan pun ikut lambat.

Selain itu, menghindari waktu makan juga akan membuat sakit kepala, tubuh jadi lemah atau mengantuk, dan saat perut terus-terusan lapar emosi kita jadi kurang stabil.

Yang perlu diingat adalah total asupan kalori harian. Untuk orang dewasa biasanya sekitar 1800-2000 kalori, tinggal bagaimana kita mengaturnya dalam 3 kali waktu makan dan dua kali snack. Pilihlah jenis makanan yang tepat dan memang diperlukan tubuh, bukan yang hanya terasa enak di lidah.

Sumber:kompas.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...