Waspadai Bahaya Tersedak Moms,

Jangan Berikan Balita Camilan Popcorn!

FOTO | Tophealthremediessering memberikan biskuit sebagai camilan anak balitanya. Tapi mungkin dia merasa bosan dan ganti dengan makanan lain. Bolehkah memilih popcorn?
A A A

ORANGTUA sering memberikan biskuit sebagai camilan anak balitanya. Tapi mungkin dia merasa bosan dan ganti dengan makanan lain. Bolehkah memilih popcorn?

Sebaiknya jangan berikan popcorn kepada si kecil yang usianya belum empat tahun ya, Moms. Makan popcorn sebabkan anak tersedak dan membahayakan mereka.

Pada anak usia sebelum empat tahun belum memiliki kemampuan menelan dengan baik. Kalau tersedak tentu sangat membuatnya tidak nyaman dan rewel.

Kalau tersedak, juga dapat mengganggu fragmen tenggorokan yang mengakibatkan rasa gatal. Karenanya, jangan berikan popcorn kepada si kecil, tapi berikan makanan lain yang aman.

Karenanya tersedak, anak juga dapat meninggal dunia. Bahkan setiap tahun, lebih dari 10.000 anak-anak mulai dirawat di rumah sakit akibat tersedak. Data ini cukup untuk mengetahui seberapa berbahayanya jika anak tersedak.

Tidak hanya itu, anak yang makan popcorn juga menyangkut di bagian sela gigi. Ini bisa menjadi sisa makanan yang menjadikan sarang bakteri.

Apalagi kalau balita tidak pernah rajin membersihkan giginya. Pasti membuat bakteri senang bersarang di rongga mulutnya.

Gigi anak bisa rusak atau terkikis sama halnya dengan makan permen. Jangan sampai dampak ini dialami oleh si kecil dan mengganggu aktivitas bermainnya.

Jika ingin memberikan makanan ringan kepada si kecil, pilihlah yang aman. Jangan berikan makanan yang bertekstur keras atau golongan biji-bijian seperti kacang-kacangan atau popcorn, buah-buahan kering.

Lebih aman lagi, berikan si kecil buah-buahan segar agar mendapatkan nutrisi yang tepat. Buah kaya vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatannya, sekaligus melawan penyakit infeksi.

Anda bisa mencoba memberikan apel, pisang, persik, pir dan jeruk. Atau buah lainnya yakni anggur yang dipotong-potong lebih dulu.

Anda juga dapat memberikan sayuran potong yang dikukus seperti kentang, brokoli, kacang polong, wortel dan kembang kol. Demikian dilansir Boldsky.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...