Akibatnya Fatal!

Jangan Asal Minum Obat Pelangsing

FOTO | pixabay.comIlustrasi
A A A

KEHADIRAN media sosial membawa dampak bagi masyarakat, baik positif maupun negatif. Berbicara mengenai dampak negatif, media sosial terkadang membuat orang merasa kurang percaya diri setelah melihat foto-foto yang diunggah oleh orang lain. Salah satunya bila menyangkut bentuk tubuh.

Tak sedikit yang berusaha memiliki bentuk tubuh ideal karena terpengaruh media sosial. Akibatnya mereka mencari jalan instan untuk mendapatkannya termasuk mengonsumsi obat pelangsing. Terlebih di media sosial banyak yang menjual obat tersebut secara online. Namun, seorang ahli dari Australia mengingatkan tentang bahaya mengonsumsi obat pelangsing.

Peringatan ini muncul setelah di Australia banyak orang yang merenggang nyawa lantaran mengonsumsi obat penurun berat badan. Marianne Gale dari NSW Health mengatakan produk obat tersebut mengandung bahan kimia 2,4-dinitrofenol (DNP). Kandungan tersebut dapat menyebabkan kematian dalam beberapa jam.

Menurut Marianne, DNP mencegah energi disimpan sebagai lemak di dalam tubuh namun malah melepaskannya sebagai panas. "Menaikkan suhu tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Ini dapat merusak sel-sel organ, seperti otot, ginjal, dan otak," katanya seperti yang dikutip Okezone dari The New Daily, Jumat (7/9/2018).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan orang yang mengonsumsi DNP dapat menjadi sangat tidak sehat, bahkan hanya dalam beberapa jam setelah konsumsi. Gejalanya meliputi keringat berlebih, detak jantung yang cepat, nafas cepat, dan seringkali mengalami kejang. "Mereka juga bisa mengalami koma dan bahkan menjadi kematian," tambah Marianne.

Parahnya, tidak ada pengobatan yang bisa mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh DNP dan berisiko kematian. Banyak laporan internasional tentang kematian selama beberapa tahun terakhir karena obat yang diklaim bisa menurunkan berat badan.

"Obat juga sering dipasarkan kepada orang-orang di komunitas penurunan berat badan dan binaraga. Oleh karenanya saya menyarankan agar orang-orang harus sangat berhati-hati dalam membeli zat apa pun secara online. Sebisa mungkin hindari produk apa pun yang mengandung DNP atau produk dengan sumber yang tidak diverifikasi yang diklaim bisa menurunkan berat badan," pungkas

Foto:pixabay.com
Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...