Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh memanggil enam orang yang diduga terlibat korupsi proyek pembangunan jaringan air bersih di Pulo Breuh tahun 2017. Proyek tersebut berada di bawah Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Nama yang dipanggil secara terpisah itu ungkap Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Aceh Munawal, masing- masing Yudi Saputra ST, PPK tahun 2018.

Plt Gubernur:

Jaga Damai untuk Gapai Pembangunan Sukses

FOTO | ISTIMEWA.
A A A

Perdamaian menjadi kunci dan instrumen penting dalam mensukseskan pembangunan menuju Aceh Hebat dan Sejahtera

Ir. H. Nova Iriansyah, MT Plt Gubernur Aceh

ACEH - Plt Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT menyebutkan bahwa momentum damai Aceh yang diperingati pada tanggal 15 Agustus setiap tahun. Pada tanggal inilah dirajud awal dari perdamaian Aceh - NKRI.

Karena damai Aceh lahir diawali dengan Penanda tanganan Naskah Memorandum Of Understanding (MoU) antara Gerakan Aceh merdeka dengan Pemerintah Indonesia di Helsinki Finlanda 14 tahun silam.

Kesepakatan tandatangan antara pihak Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan Pemerintah RI ini merupakan perjuangan yang sangat melelahkan. Bahkan moment itu kata Gubernur, menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan sejarah masyarakat Aceh untuk menggapai kehidupan yang lebih baik dan bermartabat.

"Namun, merawat dan menjaga perdamaian ini jauh lebih sulit daripada perjuangan mendapatkan perdamaian itu sendiri," tegasnya.

Menurut pria religius ini, untuk menjaga dan merawat damai, tidak ada cara yang lebih indah bagi rakyat Aceh, selain menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang bagi seluruh elemen masyarakat, dengan cara menjalankan perintah agama dan memahami berbagai kearifan lokal yang tumbuh berkembang dalam masyarakat Aceh.

"Jadi bagi kita orang Aceh yang terkenal sebagai masyarakat yang religius, tentu kita memahami bahwa islam adalah sebuah agama yang mengajarkan perdamaian," ujarnya.

Lebih lajut dikatakan bahwa di dalam Al-Quran banyak disebut kata “Salam” yang bermakna damai adalah salah satu dari sebutan nama-nama Allah.

Menurutnya Salam” juga dipergunakan oleh Islam sebagai sebutan yang diucapkan dalam tasyahud di waktu shalat. Demikian pula dalam kehidupan sehari-hari kata Nova, ketika muslim bertemu dengan saudaranya sesama muslim, dua-duanya disunnahkan saling
mengucapkan "Assalamualaikum” (salam sejahtera bagi kalian).

"Nah, itu artinya Islam sangat mendambakan terwujudnya kedamaian di muka bumi, karena kedamaian itu merupakan nikmat terbesar yang dianugerahkan Allah kepada manusia yang wajib dilestarikan," ungkap Nova.

Dari perspektif tersebut, Nova Iriansyah mengajak seluruh elemen masyarakat Aceh agar tetap bersinergi, bahu membahu dalam rangka merawat dan menjaga perdamaian yang merupakan nikmat Allah SWT yang patut di syukuri.

Ditegaskan, perdamaian menjadi kunci dan instrumen penting dalam mensukseskan pembangunan menuju Aceh Hebat dan Sejahtera.

Hal ini sesuai dengan tema peringatan Aceh damai ke 14 tahun ini yang digelar di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Penulis:HT Anwar Ibrahim
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...