Isu Lingkungan hingga Kesetaraan Gender,

Jadi Sorotan di Hari Pertama KTT WEF 2018

FOTO | WEFAktor Bollywood Shah Rukh Khan mendapatkan penghargaan Crystal Award dari WEF atas kerja kemanusiaannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak di India.
A A A
Semua orang bicara tentang mengurangi emisi karbon tetapi hanya segelintir orang dan negara yang bersungguh-sungguh membantu negara berkembang dalam mengadopsi teknologi (untuk mengurangi polusi),

SWISS - Hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi World Economic Forum di Davos, Swiss telah selesai pada Selasa (23/1). Beberapa tokoh yang menjadi sorotan adalah Perdana Menteri India Narendra Modi, Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde, hingga artis Hollywood dan duta pengungsi untuk UNHCR Cate Blanchett.

Modi, sebagai pemimpin negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, mengatakan saat ini ada tiga ancaman terhadap peradaban dunia: perubahan iklim, terorisme, dan reaksi buruk atas globalisasi.

"Semua orang bicara tentang mengurangi emisi karbon tetapi hanya segelintir orang dan negara yang bersungguh-sungguh membantu negara berkembang dalam mengadopsi teknologi (untuk mengurangi polusi)," kata Modi soal perubahan iklim.

Terkait terorisme, Modi mengatakan bahwa terorisme merupakan ancaman nyata "Terorisme itu berbahaya. Tidak kalah berbahaya adalah perbedaan yang dibuat-buat antara 'teroris baik' dan 'teroris buruk'," kata Modi.

Soal globalisasi, Modi mengatakan bahwa semakin banyak negara yang mementingkan diri sendiri. "Ini adalah kebalikan dari globalisasi. Kita harus menerima kenyataan bahwa globalisasi perlahan mulai kehilangan momentum," kata dia.

Selaku duta UNHCR, Artis Cate Blanchett berada di KTT WEF untuk meningkatkan kesadaran akan isu krisis pengungsi. Menurut data UNHCR ada 66 juta orang yang kehilangan tempat tinggal, 22 juta menjadi pengungsi di mana separuhnya adalah perempuan dan anak-anak, dan hanya 1 persen yang mendapatkan tempat tinggal baru di negara maju.

Menurut Blanchett ada kesalahpahaman soal pengungsi. Negara maju melihat para pengungsi sebagai beban.

"Yang perlu Anda ingat adalah bahwa para pengungsi ini tidak bersalah. Sebagian besar dari mereka ingin pulang tetapi mereka juga ingin menawarkan sesuatu untuk negara yang mau menerima mereka," kata Blanchett.

Ada yang berbeda dalam KTT WEF tahun ini. Panitianya diketuai oleh para wanita, salah satunya adalah Managing Director Christine Lagarde.

Lagarde mengatakan saat ini perekonomian dunia berada dalam kondisi yang baik sehingga saatnya untuk saling membantu. "Kita harus mengubah kemarahan menjadi tindakan nyata...Bahkan tanpa testosteron, kita bisa menciptakan energi yang positif dan konstruktif," kata Lagarde.

Aktor Bollywood Shah Rukh Khan mendapatkan penghargaan Crystal Award dari WEF atas kerja kemanusiaannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak di India.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan perkembangan positif soal Trans-Pacific Partnership. Dia juga mengatakan diskusi Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara atau NAFTA masih berlanjut.

Trudeau juga menyentuh isu kesetaraan gender. Dia mengatakan masih perlu banyak perbaikan dalam hal kesetaraan upah, keluarga berencana, promosi di kantor, keamanan pekerjaan dan pelecehan seksual.

Yang perlu Anda ingat adalah bahwa para pengungsi ini tidak bersalah. Sebagian besar dari mereka ingin pulang tetapi mereka juga ingin menawarkan sesuatu untuk negara yang mau menerima mereka,
Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...