Sepeda Onthel

Jadi Favorit Wisatawan di Kota Tua

FOTO | ISTIMEWAWisata Kota Tua
A A A

KOTA Tua memiliki beragam wisata yang ditawarkan kepada para pelancong. Tak hanya wisata sejarah, Anda juga bisa merasakan sensasinya naik sepeda onthel yang berwarna-warni.

Para pengunjung menikmati sepeda onthel (sepeda tua) di tempat wisata Kota Tua, Jakarta Barat karena memiliki bentuk unik dibandingkan dengan sepeda masa kini.

"Sepeda onthel ini sangat unik dan menarik untuk dicoba, karena sepeda ini merupakan salah satu kendaraan zaman dulu yang sering digunakan dan langka ditemukan sekarang ini. Saya sangat tertarik mengendarai sepeda onthel ini," ujar seorang pelajar, Alif ketika ditemui di Kota Tua, Jakarta.

Kota Tua menyajikan wisata bersepeda onthel keliling sekitar objek wisata sehingga menarik perhatian wisatawan untuk mencoba alat transportasi kuno itu.

"Saya merasakan pengalaman yang menarik ketika mengendarai sepeda onthel ini, apalagi ketika berkendara menggunakan topi bundar atau topi tentara pada zaman penjajahan dahulu," kata Alif.

Alif mengatakan harga sewa sepeda onthel di Kota Tua tidak terlalu mahal untuk wisata yang menarik seperti Kota Tua karena hanya Rp20 ribu untuk 30 menit pemakaian.

Dia sangat tertarik untuk memiliki sepeda onthel yang sudah langka ditemukan itu. Kota Tua memiliki komunitas "Komunitas Sepeda Onthel Wisata Kota Tua Jakarta" yang berdiri sejak 2006 dengan beranggotakan 36 orang dan memiliki 108 sepeda.

"Awalnya lokasi Kota Tua digunakan sebagai tempat foto 'prewedding' menggunakan sepeda tua onthel yang disewakan oleh beberapa orang di kawasan Kota Tua. Sejak saat itu mulai banyak orang yang menyewakan sepeda onthel," ujar Ketua Komunitas Sepeda Onthel Wisata Kota Tua Jakarta, Sanem.

Selain mengoleksi, komunitas ini juga menyewakan sepeda onthel kepada pengunjung Kota Tua dengan warna yang bervariasi. Sanem mengatakan Komunitas Sepeda Onthel Wisata Kota Tua Jakarta juga mendapat perhatian Kementerian Pariwisata dan Pemprov DKI Jakarta.

Dia mengatakan pemerintah memberikan pelatihan agar pemilik sepeda sekaligus bisa menjadi pemandu wisata.

"Kami diberikan pelatihan tentang wisata kota tua dan juga setiap pengunjung yang menggunakan jasa sepeda onthel ini sudah masuk dalam asuransi. Saya juga berharap pemerintah menyediakan jalur khusus sepeda sehingga untuk menuntun wisatawan keliling ke lokasi lain di kota tua bisa lebih nyaman lagi," kata Sanem.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...