Meski Bermusuhan,

Israel Beri Suaka 100 Anak Yatim Suriah

FOTO | REUTERSPemerintah Israel setuju memberi suaka pada sekitar 100 anak yatim Suriah korban perang sipil.
A A A

TEL AVIV - Israel untuk pertama kalinya menyetujui rencana untuk memberikan suaka kepada 100 anak yatim korban konflik Suriah. Padahal, Israel dan Suriah masih bermusuhan bahkan secara tidak langsung masih berperang.

Menurut laporan media Israel, anak-anak yatim Suriah awalnya akan mendapatkan status tinggal sementara di Israel. Mereka kemudian diizinkan untuk tinggal tanpa batas waktu setelah empat tahun.

Israel mengklaim mengambil posisi netral dalam perang sipil Suriah. Tim medis Israel selama juga aktif merawat warga sipil Suriah korban perang.

Media Israel, Channel 10 News, melaporkan, berdasarkan rencana, anak-anak yatim akan ditempatkan di asrama kemudian diterima ke dalam sistem pendidikan. “Mereka juga bisa diambil oleh keluarga asuh atau diadopsi pada tahap berikutnya,” tulis media Israel itu seperti dikutip BBC, semalam (27/1/2017).

Israel juga mempertimbangkan ketentuan khusus yang pada akhirnya memungkinkan anggota keluarga dekat dari anak-anak Yatim Suriah untuk bisa bergabung dengan mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel telah merawat lebih dari 2.600 korban dari perang, di rumah sakit di Israel atau di sebuah rumah sakit lapangan militer di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Bulan lalu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pemerintah sedang mencari cara untuk meningkatkan bantuan medis bagi warga sipil korban perang Suriah.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...