Kemendagri,

Irwandi-Nova Dilantik 5 Juli 2017

FOTO | ISTIMEWAIrwandi - Nova
A A A

Karena acaranya adalah sidang paripurna DPRA, tuan rumah adalah Sekwan DPRA. Kita siap membantu penuh dari sisi keprotokolan dan kehu­masan. Dalam proses pengamanan dibantu oleh Polda dan Satpol PP. Persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari dan dengan adanya kepastian telegram dari Mendagri ini, maka tinggal kita laksanakan,

Mulyadi Nurdin, Lc, MH Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh

BANDA ACEH - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan jadwal pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur Aceh terpilih Periode 2017-2022, Irwandi Yusuf, M.Sc-Ir Nova Iriansyah, MT pada Rabu, 5 Juli 2017 mendatang.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan gubernur/wakil gubernur hasil Pilkada Aceh 2017 itu, akan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo atas nama Presiden Jokowi di hadapan Ketua Mahkamah Syariyah Aceh dalam rapat paripurna istimewa di Gedung Utama Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Banda Aceh.

Kepastian jadwal pelantikan tersebut setelah Kemendagri mengirimkan telegram kepada Ketua DPRA perihal jadwal dan tatalaksana pelantikan gubernur/wakil gubernur Aceh terpilih tersebut. Telegram dengan klasifikasi “Amat Segera” itu bernomor: 121.11/2930/SJ tanggal 22 Juni 2017, yang ditanda­tangani Mendagri Tjahjo Kumolo.

Telegram itu ditembuskan kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI, Menko­polhukam, Mensesneg, Seskab, Pang­dam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Pimpinan TNI AU di Daerah, Sekretaris Daerah Provinsi Aceh, Ketua Pengadilan Tinggi Aceh, Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, dan Ketua FKUB Provinsi Aceh.

Disebutkan, dalam telegram tersebut, pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan gubernur/wakil gubernur Aceh dilakukan berdasarkan Pasal 69 Undang-Undang No.11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UU-PA).

Pada saat pelantikan, gubernur dan wakil guberbur terpilih mengenakan pakaian dinas upacara besar (PDUB) dan didampingi masing-masing istri mengenakan pakaian nasional. Terkait teknis pelaksanaan dan keprotokolan, akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Pemerintah Provinsi Aceh.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Aceh, Mulyadi Nurdin juga membenarkan keluarnya telegram Men­dagri tersebut. Menurutnya, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait protokoler acara pelantikan, termasuk pidato gubernur terpilih.

“Karena acaranya adalah sidang paripurna DPRA, tuan rumah adalah Sekwan DPRA. Kita siap membantu penuh dari sisi keprotokolan dan kehu­masan. Dalam proses pengamanan dibantu oleh Polda dan Satpol PP. Persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari dan dengan adanya kepastian telegram dari Mendagri ini, maka tinggal kita laksanakan,” kata Mulyadi Nurdin, Kamis (22/6) malam.

Selain jadwal pelantikan, Mendagri Tjahjo Kumolo juga menunjuk Sekda Aceh, Drs Dermawan, MM sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Aceh, menyusul berakhirnya masa tugas Gubernur/Wakil Gubernur Aceh periode 2012-2017, Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, pada 25 Juni 2017.

Penunjukan Sekda Aceh sebagai Plh Gubernur Aceh, disampaikan Mendagri melalui telegram Nomor 121.11/2924/SJ tertanggal 22 Juni 2017, yang disampaikan kepada Gubernur Aceh.

Kode:47
Sumber:ANALISA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...