Ini yang Terjadi pada El Clasico Terakhir Tanpa Messi dan Ronaldo

FOTO | GETTY IMAGESDuel El Clasico antara Barcelona dengan Real Madrid tanpa Lionel Messi dan Barcelona
A A A

JAKARTA - Terakhir kali El Clasico dihelat tanpa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo terjadi 11 tahun lalu. Apa yang terjadi ketika itu? Barcelona atau Real Madrid yang menang?

Barcelona dan Real Madrid akan berjumpa untuk pertama kalinya musim ini di Camp Nou, Minggu (28/10/2018) malam WIB. El Clasico menjadi spesial tak hanya karena rivalitas kedua tim, tapi juga duel dua pemain terbaik dunia pada diri Ronaldo dan Messi.

Cristiano Ronaldo dan Messi masing-masing telah meraih lima gelar Ballon d'Or dalam satu dekade terakhir. Tak bisa dimungkiri persaingan kedua pemain selalu jadi sorotan di dunia sepakbola.

Namun, kedua pemain itu tak akan muncul pada El Clasico minggu nanti. Ronaldo sudah pergi ke Juventus. Sedangkan Lionel Messi mengalami patah lengan tangan pekan lalu dan dipastikan absen.

Duel ini pun dipastikan berbeda ketimbang El Clasico dalam satu dekade terakhir. Lalu apa yang sebenarnya terjadi pada El Clasico musim 2007-2008? Saat terakhir kali duel ini tak ada nama Messi dan Ronaldo.

Kebetulan laga tersebut menjadi El Clasico pertama di musim itu dan dihelat di Camp Nou juga, sama seperti yang terjadi musim ini.

Kala itu, Ronaldo belum menjadi bagian Madrid dan masih memperkuat Manchester United. Sedangkan Messi harus absen karena cedera, sama seperti yang terjadi musim ini.

Meski begitu skuat kedua tim sudah sangat superior. Bisa dilihat dari stating XI Barca maupun Madrid:

Barcelona: Valdes; Abidal, Milito, Marquez, Puyol (Zambrotta); Xavi (Giovani), Toure, Deco (Bojan); Iniesta, Eto'o, Ronaldinho

Real Madrid: Casillas; Heinze, Cannavaro, Pepe, Ramos (Torres); Baptista, Diarra, Sneijder (Gago); Robinho (Robben), Van Nistelrooy, Raul

Jika dilihat nama-nama pemain di atas, tinggal Sergio Ramos pemain yang masih ada sampai sekarang (juga Messi yang tidak bermain).

Pertandingan saat itu ditonton 98.248 suporter. Tapi, hanya satu gol yang diciptakan. Adalah Julio Baptista yang berhasil mencetak gol semata wayang ke gawang Victor Valdes ketika itu.

Pada akhir musim, Madrid berhasil menjadi juara Liga Spanyol bersama Bernd Schuster, pelatih yang juga baru diangkat awal musim, sama seperti Julen Lopetegui saat ini.

Lopetegui sedang dikritik habis karena sudah mengalami tiga kekalahan di La Liga sejauh ini, pun Madrid harus duduk di peringkat ketujuh klasemen sementara dengan 14 poin.

Meski begitu, jarak El Real dengan Barca di posisi pertama pada klasemen Liga Spanyol hanya empat poin. Andai menang d El Clasico, persaingan dipastikan ketat kembali.

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...