Sering Disingkirkan saat Makan

Ini Tujuh Manfaat Konsumsi Seledri

docDaun Seledri
A A A

BANYAK orang beranggapan kalau seledri hanya untuk mempercantik tampilan makanan. Rasanya juga tidak terlalu enak di lidah sebagian orang. Tidak heran, seledri sering disisihkan dan tidak dimakan.

Padahal, sayuran yang masuk dalam famili Apiaceae itu memiliki sejumlah manfaat, salah satunya adalah rendah kalori. Berikut manfaat-manfaat dari konsumsi seledri, melansir dari Medical News Today dan Organics Facts, Senin (4/6/2018).

Mengurangi radang
Seledri mengandung apigenin, molekul yang saat ini sedang diteliti karena dianggap sebagai antikanker. Sebab, muncul berbagai asumsi kalau apigenin dapat membantu mengubah atau mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh peradangan.

Mengurangi tekanan darah
Belum ada bukti bahwa seledri membantu mengurangi tekanan darah pada manusia. Tetapi, hasil penelitian pada tikus yang memiliki kedekatan genetik sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah.

Ekstrak daun seledri yang diujicobakan pada tikus memiliki sifat antihipertensi, yang disebabkan oleh tindakan hidrofobik aktif yang membentuk semacam NBP (n-butylphthalide), yang dianggap sebagai antihipertensi dalam pengobatan tekanan darah tinggi yang kronis.

Mencegah kanker
Seledri mengandung flavanoid yang disebut sebagai luteolin. Para peneliti meyakini bahwa luteolin memiliki sifat antikanker. Sebab, luteolin membuat sel-sel kanker menjadi lebih rentan terhadap bahan kimia yang digunakan dalam terapi.

Detoksifikasi tubuh
Daun seledri berfungsi sebagai antioksidan. Sifat tersebut tidak hanya terdapat pada daunnya saja, tetapi juga seluruh bagian, seperti benih dan akarnya. Mengonsumsi seledri secara reguler dapat membantu mencegah penyakit atau gangguan pada ginjal, pankreas, dan hati.

Mencegah infeksi saluran kemih
Biji seledri membantu dalam menghilangkan asam urat karena sifat diuretiknya, yang merangsang membuang air kecil. Bagian tersebut juga sangat berguna dalam membantu pencegahan infeksi saluran kemih pada perempuan.

Mengurangi encok
Seledri sangat bagus bagi orang-orang yang menderita encok dan rematik. Sifat anti-peradangan yang dimiliki seledri dapat mengurangi bengkak serta rasa sakit di sekitar persendian. Sifat diuretiknya dapat membantu mengeluarkan kristal asam yang terbentuk di sekitar persendian yang menyebabkan rasa sakit serta membantu menumbuhkan kembali jaringan otot di sendi yang membengkak.

Meningkatkan kesehatan jantung
Akar seledri mengandung vitamin C, serat, dan bahan kimia organik lainnya. Kandungan-kandungan tersebut amat baik untuk kesehatan kardiovaskular.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...