Punya Riwayat Kolesterol Tinggi?

Ini Tips Jaga Pola Makan Selama Bulan Ramadhan

foto | istimewaIlustrasi
A A A

MENJAGA pola makan yang sehat selama bulan suci Ramadan menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi mereka yang punya riwayat kolesterol tinggi. Sebab, kebanyakan orang cenderung memilih makanan atau kudapan yang paling mudah ditemui, seperti gorengan dan makanan berlemak lainnya.

Tanpa sadar, makanan-makanan tersebut sangat berbahaya bagi tubuh. Gorengan sudah diketahui mengandung lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan, begitu juga junk food atau makanan cepat saji yang sering dipilih sebagai menu berbuka.

Berikut beberapa tips untuk menjaga asupan makanan agar kadar kolesterol tidak tinggi selama bulan puasa, mengutip dari Health24.

Konsumsi makanan kaya serat
Makanan berserat sangat berguna untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Saat sahur, Anda bisa mengonsumsi roti gandum atau sereal dengan tambahan beberapa buah. Untuk berbuka puasa, Anda bisa memilih pasta atau nasi merah dengan sayuran untuk disantap.

Memasak dengan metode yang lebih sehat
Cara memasak memang akan memengaruhi rasa dari makanan. Jelas, untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi tidak disarankan mengonsumsi makanan yang diolah dengan menggunakan minyak goreng biasa atau mentega.

Pilihan yang aman adalah dengan mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dipanggang, direbus, atau ditumis. Jika ingin tetap memakai minyak untuk menggoreng, disarankan menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola.

Olahraga ringan
Selama berpuasa, Anda tetap bisa melakukan olahraga ringan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda bisa dilakukan selama 30 menit sebanyak tiga hingga empat kali seminggu.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...