Ini Penyebab Kulit di Beberapa Bagian Tubuh Menghitam Saat Hamil

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi Ibu Hamis
A A A

Jakarta - Ketika hamil, perubahan fisik lumrah dialami ibu. Termasuk pada kulit, beberapa ibu hamil ada yang kulit di bagian tubuh tertentu seperti leher dan ketiak, kadi lebih hitam. Kenapa ya hal ini terjadi?

dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG dari Divisi Fetomaternal RSU Dr Soetomo Surabaya mengatakan perubahan warna kulit di beberapa bagian tubuh ibu saat hamil merupakan hal yang normal. dr Erza mengatakan hal ini terjadi karena pengaruh hormon kehamilan.

"Jadi pada saat hamil ada pengaruh hormon terhadap melanin atau yang mewarnai kulit kita. Biasanya yang berubah jadi lebih hitam itu kulit di lipatan ketiak, selangkangan atau leher," kata dr Erza kepada detikHealth baru-baru ini.

dr Erza menambahkan, pengaruh hormon kehamilan juga menentukan bagian tubuh yang menjadi lebih gelap. Nah untuk mengatasinya, ibu dapat memberikan krim pemutih pada daerah yang menjadi gelap.

Walaupun begitu, dokter yang juga praktik di RS Pendidikan Universitas Airlangga mengatakan kulit yang menghitam saat hamil dapat hilang dengan sendirinya. "Selesai bersalin, kulit bisa berangsur-angsur kembali seperti semula," sambung dr Erza.

Senada dengan dr Erza, dr Alfiben SpOG dari RS Permata Depok mengatakan perubahan warna kulit pada ibu hamil terjadi karena pengaruh hormon. Hal tersebut dikenal dengan nama hiperpigmentasi.

"Jadi kadar hormon estrogen pada kulit rendah dan hiperpigmentasi kulit meningkat. Kalau hamilnya selesai juga berkurang itu (kulit yang lebih gelap)." kata dr Alfiben.

Sumber: health.detik.com
Rubrik: Kesehatan

Komentar

Loading...