Makan Melon Jangan Buang Bijinya

Ini Manfaat Mengonsumsinya bagi Kesehatan!

docMelon
A A A

BANYAK orang ketika makan buah akan membuang bijinya karena dianggap tidak bermanfaat. Jangan salah, beberapa jenis biji dalam buah malah punya manfaat yang lebih, seperti salah satunya biji melon.

Buah melon memang dianggap padat gizi, karena satu porsinya mengandung sumber vitamin yang melimpah. Melon mengandung vitamin C dan A, serta kaya lutein dan zeaxanthin. Buah ini juga sumber air yang bisa menghidrasi tubuh manusia.

Ahli Gizi Dr Anju Sood menjelaskan, melon tak hanya bermanfaat dagingnya, tetapi juga bijinya. Bijinya jadi salah satu sumber protein nabati yang baik. Ini juga tentunya lebih sehat daripada Anda makan daging merah berlebihan, meski mengandung protein hewani.

“Seperti daging, bijinya juga mengandung vitamin A, C, dan E. Bijinya juga kaya magnesium dan fosfor, dan tinggi serat. Manfaatnya luar biasa bagi penderita diabetes dan mereka yang diet," ujarnya, dilansir NDTV, Jumat (25/5/2018).

Biji melon juga bertindak sebagai agen untuk melawan cacing yang menyumbat di saluran usus. Pastinya Anda bisa bebas cacingan dan terkena gangguan pencernaan lainnya.

Anda bisa memakan biji melon tersebut dalam mentah atau menambahkannya ke salad. Biji melon juga bisa dipanggang dalam oven sebagai camilan enak. Anda juga dapat menambahkan biji-biji ini dalam sup, semur, dan makanan lainnya.

Di samping melon hijau, Anda juga dapat memanfaatkan biji melon kuning terang. Tidak sulit rasanya jika Anda ingin mencari buah tersebut. Melon madu kaya akan kandungan beta-karoten, tinggi gula, serta mengandung vitamin C, folat dan kalsium.

Biji melon madu ini bahkan kaya akan antioksidan, dan vitamin C, A dan E, dan sarat dengan serat. Anda bisa mencegah risiko gangguan pencernaan bila mengonsumsinya.

Sama seperti biji melon lainnya, Anda bisa menikmatinya sebagai camilan yang sudah diproses sebelumnya. Atau Anda bisa menyertakan ke dalam mangkuk salad yang lezat.

Karena manfaatnya yang baik ini setidaknya saat makan buah melon jangan dibuang bijinya. Sebab, buah ini salah satu superfood andalan yang bisa mengenyangkan perut, sekaligus melepas dahaga.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...