Perlu Tahu

Ini Fitur-fitur Baru WhatsApp

FOTO | ISTIMEWAIni fitur WhatsApp yang baru dirilis
A A A

JAKARTA - WhatsApp rajin menambah fitur baru dari waktu ke waktu untuk memperkaya pengalaman pengguna. Ini juga jadi salah satu alasan mengapa WhatsApp jadi aplikasi pesan instan paling populer, karena hampir semua ada di WhatsApp.

Tak hanya stiker, masih ada sejumlah fitur lain yang baru dirilis WhatsApp. Meski sebagian mengeluhkan WhatsApp menjadi terlalu 'ramai' fitur, banyak juga yang merasa senang karena fitur yang dirilis memang sudah lama dinantikan. Berikut rangkuman 5 fitur WhatsApp yang baru dirilis.

Stiker WhatsApp
Cukup lama dinantikan, akhirnya WhatsApp meluncurkan stiker. Fitur ini memang sebelumnya sudah ada di aplikasi messenger lainnya.

Stiker ini bisa digunakan di WhatsApp untuk Android dan iOS. Ada 12 stiker default yang disediakan WhatsApp, namun kalian bisa mendownload sticker pack dari pihak ketiga di Google Play. Menariknya lagi, kita bisa membuat stiker dengan wajah kita sendiri.

Private Reply
Fitur Private Reply baru-baru ini diperkenalkan untuk pengguna WhatsApp beta di Android versi 2.18.355. Fitur ini memungkinkan kalian mengirim pesan secara private ke pengguna dalam sebuah group WhatsApp.

Jadi, tidak perlu meninggalkan group chat dan mencari dulu kontak orang tersebut seperti yang selama ini dilakukan. Untuk menggunakannya, kalian harus mendownload versi terbaru dari aplikasi WhatsApp beta untuk Android.

Silent Mode
WhatsApp juga memperkenalkan Silent Mode di WhatsApp untuk Android. Fitur ini menyembunyikan notifikasi untuk chat yang di-mute.

Ketika fitur tersebut difungsikan, pengguna tidak akan melihat berapa banyak pesan baru yang diterimanya pada ikon aplikasi WhatsApp di ponsel Android mereka.

Sejumlah laporan menyebutkan, fitur ini sudah difungsikan secara default pada beberapa pengguna, tanpa adanya opsi untuk mematikannyadi menu Settings.

Video Picture-in-Picture
Mode video picture-in-picture pertama kali diperkenalkan untuk pengguna WhatsApp di perangkat berbasis iOS. Kini, fitur tersebut sudah tersedia bagi pengguna WhatsApp beta di Android versi 2.18.301.

Fitur ini pada dasarnya memungkinkan kita melihat video Instagram, Facebook dan YouTube sambil tetap membuka WhatsApp lewat jendela kecil yang muncul.

Pengguna juga bisa tap pada link YouTube untuk membuka video YouTube sambil tetap chat di WhatsApp. Jadi tidak perlu meninggalkan salah satu aplikasi.

Backup WhatsApp Unlimited
Mulai 12 November, semua backup data WhatsApp tak akan lagi dihitung berdasarkan ketersediaan kapasitas penyimpanan di Google Drive yang 'cuma' 15GB.

Kalian bisa menikmati kapasitas backup data tak terbatas alias unlimited. Tak perlu lagi khawatir ruang penyimpanan di Google Drive kalian tidak cukup.

Perlu diingat, pesan dan semua file WhatsApp kalian yang di-backup di Google Drive tidak akan dilindungi enkripsi end to end WhatsApp melainkan akan dilindungi enkripsi Google.

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...