Bakal Jadi Tuan Rumah Asian Games,

Ini Destinasi Wisata dan Kuliner Khas Palembang

FOTO | ISTIMEWAKota Palembang
A A A

TAHUN 2018 telah tiba. Bagi Indonesia tahun ini menjadi salah satu tahun bersejarah. Alasannya apalagi kalau bukan karena Asian Games 2018.

Ya, pada perhelatan pesta olahraga musim panas se-Asia tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggara. Hal ini tentu menjadi peluang emas guna memperkenalkan Tanah Air ke kancah internasional. Khususnya untuk dua kota berlangsungnya acara yaitu Jakarta dan Palembang.

Sebagai tempat berlangsungnya acara, Palembang sudah mempersiapkan diri. Baik dari segi venue maupun destinasi wisata. Tak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya event internasional, tentu banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang untuk berkunjung.

Mengutip berbagai sumber, Selasa (2/1/2018), pemerintah daerah telah menyiapkan kurang lebih sebelas destinasi wisata untuk menyambut Asian Games. Adapun di antaranya adalah wisata sejarah. Sebagai salah satu daerah yang memiliki jejak peninggalan kerajaan, banyak sekali objek wisata yang bersejarah.

Wisatawan dapat mengunjungi Benteng Kuto Besak, Museum Balaputra Dewa, Museum Sriwijaya dan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS), Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II, dan Bukit Siguntang.

Ada juga kampung wisata yang kental dengan unsur budaya berbeda yaitu Kampung Kapitan dari etnis Tionghoa dan Kampung Al-Munawar sebagai rekam jejak Arab. Pilihan objek wisata lainnya adalah Al-Quran Al-Akbar, Pulau Kemaro, dan Pasar 16 Lir. Jangan lupa pula untuk mengunjungi Sungai Musi dan Jembatan Ampera.

Untuk wisata kuliner, pempek adalah menu wajib yang harus dicicipi. Sejak lama makanan berbahan dasar ikan itu telah menjadi ikon Palembang. Makanan olahan ikan lain yang harus dicoba adalah pindang ikan dan pangsit ikan.

Di kota itu juga terdapat aneka kue khas seperti kue delapan jam, kue lapis maksuba, kue gandus, kue lumpang, dan engkak ketan. Bagi pecinta pedas, burgo dan sambal tempoyak adalah makanan yang harus masuk daftar.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...