Bila WhatsApp Down

Ini 7 Aplikasi Pesan Instan Alternatif

FOTO | ISTIMEWAMedsos
A A A

JAKARTA - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer di Play Store. Sayangnya beberapa belakangan ini WhatsApp mengalami down berbarengan dengan aplikasi Facebook dan Instagram. Meskipun demikian tiga aplikasi tersebut akhirnya kembali normal.

Kali ini Okezone akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi perpesanan yang bisa menjadi alternatif, seperti dilansir dari laman Hongkiat, Selasa (16/4/2019).

Viber
Viber sangat mirip dengan WhatsApp karena menggunakan nomor kontak seluler untuk mengidentifikasi pengguna. Saat pertama kali mendaftar, pengguna akan mendapatkan kode akses yang dikirim ke nomor ponsel Anda melalui pesan teks.

Kemudian pengguna mampu mengakses buku alamat untuk melihat apakah ada kontak yang terhubung ke Viber. Lalu, pengguna akan langsung terhubung dengan mereka. Viber juga memungkinkan panggilan suara, asalkan ponsel cerdas terhubung ke Internet.

LINE
Saat pertama kali menggunakan LINE, pengguna juga harus mendaftarkan nomor telepon ke aplikasi. Nantinya pengguna akan terhubung ke kontak yang merupakan pengguna LINE.

Keuntungan dari LINE adalah memungkinkan pengguna untuk membalas pesan dengan menginstal di PC atau program MacOS, asalkan pengguna mendaftarkan nomor dengan akun email. Selain pesan teks, pengguna juga bisa memanggil kontak LINE lainnya melalui aplikasi dengan koneksi Internet. Menariknya lagi, LINE dilengkapi dengan beberapa stiker bawaan atau berbayar.

KakaoTalk Messenger
KakaoTalk Messenger juga menggunakan nomor ponsel untuk mengirimi pengguna kode verifikasi 4 digit ketika mendaftar. Untuk mencari pengguna Kakotalk lain pengguna juga harus mencari melalui kontak

Selain mnegirim pesan, pengguna juga mampu memulai obrolan grup, mengirim gambar atau catatan audio, panggilan dan berbagi kalender dan informasi kontak.

Facebook Messenger
Aplikasi Facebook Messenger untuk iOS dan Android telah lama hadir. Sama seperti WhatsApp yang mampu mengirim pesan, gambar, suara dan banyak lagi. Kekurangannya hanya satu yakni pengguna tidak dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman yang tidak ada di Facebook.

LiveProfile
Berbeda dengan WhatsApp, LiveProfile meminta pengguna mendaftar dengan akun email. Setelah itu, pengguna juga bisa menambahkan nomor untuk terhubung dengan pengguna lain.

Setiap akun juga akan diberikan PIN LiveProfile, ini memungkinkan pengguna membagikan PIN itu kepada orang lain tanpa memberi mereka nomor telepon. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki fitur panggilan tetapi memiliki fitur olahpesan standar dengan kemampuan untuk memulai obrolan grup dan mengirim gambar atau video.

Groupme
Groupme melayani orang-orang yang ingin mengobrol dalam grup. Pengguna masuk melalui email dan kemudian memverifikasi nomor telepon dengan mengisim SMS dengan kode nomor yang disediakan.

Uniknya, aplikasi ini juga mendukung pesan grup melalui SMS. Jadi, jika seseorang dalam grup tidak memiliki koneksi internet orang tersebut masih dapat menerima pesan grup dengan SMS. Setiap pesan yang dikirim atau diterima akan dikenakan biaya.

ChatON
ChatON adalah aplikasi yang dibuat oleh Samsung dan merupakan aplikasi perpesanan dasar tanpa fitur panggilan. Pengguna dapat memilih untuk masuk dengan akun Samsung atau melewati proses dan cukup masukkan

Kemudian, verifikasi nomor telepon dan aplikasi akan mulai memeriksa semua kontak onboard untuk melihat apakah ada dari mereka yang ada di ChatON. Obrolan akan aktif ketika pengguna menemukan sesama pengguna ChatON.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...