Tak Selalu Karena Kurang Tidur

Ini 13 Penyebab Kantung Mata Berwarna Hitam

FOTO | StylecrazeIlustrasi
A A A

TAK sedikit orang yang merasa kurang percaya diri karena memiliki lingkaran hitam di bawah matanya atau yang kerap disebut mata panda. Secara ilmiah kondisi ini dikenal dengan nama hiperkromia periorbital yaitu lingkaran gelap yang membentuk bayangan di sekitar mata sehingga menghambat kecerahan wajah. Maka tak heran beberapa orang mencoba menghilangkannya.

Salah satu cara yang sering dicoba adalah mengompres atau memiliki waktu tidur yang cukup. Selama ini banyak orang yang berpikir bila kurang tidur adalah penyebab kantung mata berwarna hitam. Tapi tahukah Anda bahwa itu bukanlah penyebab satu-satunya? Melansir Style Craze, berikut ulasannya:

Genetika
Faktor genetika adalah penyebab paling umum dari kantung mata hitam. Pada orang-orang dari Asia dan Afrika kantung mata bisa berwarna kebiru-biruan dan terjadi pada kulit halus di bawah mata karena memiliki gen yang menyebabkan lebih banyak pigmen melanin di sekitar mata. Gen itulah yang membentuk lingkaran hitam. Warna biru adalah pembuluh darah yang memantulkan cahaya.

Penuaan
Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis sehingga pembuluh darah pada kulit di bawah mata mulai terlihat. Ini mengarah ke lingkaran hitam. Selain itu, seiring bertambahnya usia, mata akan menjadi lebih besar dan pada akhirnya membentuk bayangan pada kulit di bawah mata.

Kebiasaan tidak sehat
Mengonsumsi alkohol menyebabkan pembuluh darah melebar dan pada akhirnya muncul lingkaran gelap di bawah mata dan bahkan terlihat menonjol. Hal yang sama berlaku juga untuk merokok karena membuat lingkaran hitam lebih menonjol ketika nikotin mengganggu pola tidur dan mengarah ke kantung mata.

Kekurangan nutrisi
Kurangnya zat besi dan B12 menyebabkan lingkaran hitam karena terjadinya oksigenasi jaringan yang tidak adekuat. Proses itu memanifestasikan dirinya secara jelas di bawah mata sebagai semburat kebiruan. Bahkan kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan kantung mata hitam karena sirkulasi darah yang buruk di dalam tubuh.

Kurang tidur
Kurang tidur menyebabkan sirkulasi darah yang tidak memadai di wajah dan melebarkan pembuluh darah sehingga menyebabkan lingkaran gelap. Selain itu, kelelahan dan pembengkakan mata dapat menyebabkan kantung mata yang membuat lingkaran lebih menonjol.

Alergi
Alergi seperti hidung tersumbat dapat melepaskan histamines dalam tubuh yang mengarah ke lingkaran hitam. Alergi juga membesarkan pembuluh darah di sekitar mata sehingga menonjolkan lingkaran hitam yang berkembang menjadi kantung mata. Bahkan menggosok mata dengan keras bisa membuat pembuluh darah bengkak dan hancur sehingga memunculkan lingkaran hitam.

Perubahan hormon
Kelebihan estrogen dalam tubuh dapat menyebabkan memar dan menyebabkan lingkaran hitam. Ini terjadi karena fluktuasi kadar hemoglobin. Sindrom pramenstruasi dan menopause menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak cairan dan meningkatkan kemungkinan pigmentasi kulit.

Stres
Stres membuat seseorang kesulitan tidur nyenyak dan mengganggu keseimbangan hormon. Stres membuat kulit menjadi pucat dan mata tenggelam jauh ke dalam rongganya yang membuat pembuluh darah di bawah mata lebih menonjol sehingga menghasilkan lingkaran hitam.

Eksim
Eksim membuat kulit gatal dan meradang. Kondisi ini membuat seseorang menggosok kulitnya. Jika itu terjadi di bawah mata maka akan menjadi lingkaran hitam.

Paparan sinar matahari berlebih
Paparan sinar matahari menyebabkan kulit di bawah mata menjadi lebih gelap karena tipis, rentan, dan mudah rusak. Kondisi ini juga meningkatkan produksi melanin di tubuh dan dapat memperbesar peluang terjadinya lingkaran hitam.

Dehidrasi
Dehidrasi menyebabkan mata menjadi longgar yang mengarah pada munculnya lingkaran hitam. Kekurangan air dalam tubuh juga menyebabkan sel-sel kulit menyusut.

Anemia
Anemia menyebabkan sirkulasi darah yang tidak tepat dan menyebabkan hemoglobin terurai dengan cepat sehingga memunculkan lingkaran hitam pada mata.

Infeksi
Selulitis periorbital adalah infeksi bakteri yang muncul pada kelopak mata. Ini dapat membuat efek gelap pada kulit bawah mata yang menyebabkan munculnya lingkaran hitam.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...