Doyan Sarapan Telur,

Ini 10 Manfaatnya untuk Kesehatan Anda!

FOTO | BoldskyIlustrasi
A A A

ADA kabar gembira bagi penyuka telur, apalagi kalau mengonsumsinya setiap hari. Ada banyak manfaat yang bakal Anda dapatkan, mulai dari meningkatkan energi hingga mencegah arthritis.

Kalau makan telur jangan buang bagian kuning ya ya. Karena telur utuh justru lebih bermanfaat dikonsumsi. Seperti kita tahu, kuning telur mengandung antioksidan, vitamin B, termasuk vitamin B12, vitamin A, zat besi, selenium, biotin, fosfor, kolin dan nutrisi lainnya.

Ada pula kandungan kolin yang baik untuk menjaga fungsi otak dan sistem saraf, serta untuk mendukung proses detoksifikasi dalam tubuh. Telur juga sumber protein yang luar biasa. Bagian putihnya juga sehat dikonsumsi kok.

Daripada penasaran dengan manfaatnya, Anda harus tahu manfaat lebih lanjut jika makan telur setiap sarapan utamanya. Simak penjelasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Kamis (19/10/2017).

Meningkatkan energi
Makan satu butir telur utuh bisa membuat Anda kenyang tahan lama. Ini juga bermanfaat untuk membangkitkan energi selama beraktivitas. Nah, Anda disarankan untuk makan telur setiap sarapan supaya manfaatnya tak terlewatkan.

Melawan kekurangan besi
Besi memainkan peran penting dalam memerangi imunitas dan metabolisme energi. Besi dalam kuning telur berbentuk besi heme yang mudah diserap dan merupakan bentuk zat besi yang bisa digunakan dalam makanan. Anda harus memakannya supaya bermanfaat untuk mencegah anemia juga.

Tidak meningkatkan kolesterol
Studi telah menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara asupan telur dan penyakit jantung koroner. Telur tidak mengandung lemak jenuh yang berdampak pada kesehatan jantung. Makan telur tidak membuat Anda mengalami kolesterol, sehingga aman dikonsumsi.

Menjaga berat badan
Telur memiliki indeks kenyang 50% lebih tinggi daripada sereal untuk sarapan. Studi telah menunjukkan, makanlah telur saat sarapan karena meningkatkan rasa kenyang, serta membantu menurunkan berat badan bagi yang menginginkannya.

Jaga kesehatan otak
Kolin adalah nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak pada janin serta fungsi ingatan di hari tua. Telur utuh merupakan sumber kolin yang sangat baik. Nah, kalau Anda makan satu telur per hari memberikan sekira 28% kebutuhan kolin, terutama untuk wanita hamil.

Mencegah katarak
Wow, makan telur bisa melindungi Mata dari katarak. Karenanya, telur merupakan sumber antioksidan yang baik lutein dan zeaxanthin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Asupan telur yang baik membantu penurunan katarak yang signifikan, sampai 20%.

Membantu melindungi tulang
Telur juga kaya vitamin D alami yang penting untuk penyerapan kalsium. Fungsinya jelas dapat menjaga kesehatan tulang yang optimal. Di usia tua wanita juga bebas osteoporosis jika rutin makan telur sejak muda.

Sehatkan rambut dan kuku
Makan telur dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kuku. Telur mengandung asam amino belerang yang tinggi, serta mengandung beragam vitamin dan mineral. Anda harus mengonsumsinya agar rambut tidak mudah rontok ya.

Mencegah pembekuan darah
Protein yang ditemukan di kuning telur dapat mencegah perkembangan bekuan darah. Anda harus mengonsumsinya supaya tidak mengalaminya, terutama bagi para perokok.

Mencegah arthritis
Makan sebutir kuning telur atau makan telur utuh dapat mencegah arthritis. Karena telur mengandung kolin yang memiliki sifat anti-inflamasi, juga membantu dalam mengatur fungsi kardiovaskular dalam tubuh.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...