Ny Mutia Alinda Amhar Serahkan Tropi dan Uang Pembinaan

Indra Makmur Juara Gotong Royong

Foto Humas Aceh TimurNy. Mutia Alinda Amhar, Plt Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Timur menyerahkan tropi kepada pemenang 10 Program Pokok PKK di Gedung SKB Aceh Timur.
A A A

IDI – Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK yang saat ini sedang laksanakan bertujuan untuk membangkitkan kembali jiwa dan semangat membangun gampong (desa—red). Hal itu disampaikan oleh Plt Bupati Aceh Timur Prof Amhar Abubakar, melalui Asisten Pemerintahan, Drs. Zahri, M.AP ketika Acara Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke 13 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-44/2016 di Aula Gedung SKB Aceh Timur, Kamis 22 Desember 2016.

Zahri mengatakan, jiwa dan semangat gotong-royong merupakan warisan budaya masyarakat sejak zaman dahulu. Untuk itu para camat, mukim dan keuchik diharapkan agar dapat mengarahkan, memotivasi, mendorong dan melaksanakan gotong royong masyarakat di gampong dan lingkungan masyarakat dimanapun berada.

“Begitu juga kepada seluruh pimpinan unit kerja masing-masing diharapkan untuk dapat melaksankan jumat bersih indah dan sehat. Artinya pada hari jumat disamping kita melaksankan rutinitas memberikan pelayanan kepada masyarakat juga kita memanfaatkan waktu untuk gotong royong di lingkungan kantor masing-masing,” kata Zahri.

Menurut dia, buda gotong-royong bukanlah kegiatan baru dikalangan masyarakat Aceh. Hal ini sudah merupakan tradisi sejak zaman dahulu seperti pada kegiatan membajak sawah, menanam padi dan memanen bersama, pesta perkawinan, kematian, membersihkan lingkungan. “Tapi akhir-akhir ini budaya gotong-royong seperti sudah mulai meudar, hal ini disebabkan oleh penggaruh globalisasi dan arus informasi yang tidak terbatas dari negara luar,” kata Zahri.

Untuk itu, sambung Zahri, melalui peringatan bulan bakti gotong royong dan hari kesatuan Gerak PKK tingkat Kabupaten Aceh Timur ini diajak untuk membangkitkan kembali kesatuan gerak PKK sebagai bagian dari upaya meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa sosial guna mempercepat pembangunan digampong-gampong.

Sementara itu, Sekretaris PKK Kabupaten Aceh Timur, Yuni Manthovani, dalam laporan sebelumnya mengatakan, tujuan dilaksankan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 44 dan Bulan Bakti Gotong Royong Ke 13 Tingkat Kabupaten Aceh Timur adalah untuk memasyarakatkan gerakan PKK dan Gotong Royong sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat yang sudah dilaksankan dan manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat Aceh Timur.

Dalam kegiatan itu, panitia juga mengumumkan pemenang gampong gotong royong tahun 2016. Adapun para pemenang 10 program pokok PKK yakni Gampong Baro (Kecamatan Simpang Ulim) sebagai Juara I, Gampong Peunaron Lama (Kec. Peunarun) sebagai Juara II dan Gampong Meudang Ara (Kec. Darul Ikhsan) sebagai Juara III.

Sementara itu, pemenang juara perlombaan pada kegiatan gotong royong terbaik Tingkat Kabupaten Aceh Timur diraih Kecamatan Indra Makmur (Juara I), Kecamatan Birem Bayeun (Juara II), Kecamatan Rantoe Peureulak (Juara III). Masing-masing pemenang mendapatkan uang pembinaan Rp100 Juta, Rp75 Juta dan Rp50 Juta. Dalam kesempatan itu turut hadir Plt Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Timur, Ny Mutia Alinda Amhar, Ketua Bhayangkari Polres Aceh Timur.

Komentar

Loading...