Kualifikasi Piala Asia U-23 2018

Indonesia Dihajar Malaysia 0-3

FOTO | DETIK.COMTimnas Indonesia U-22 menelan kekalahan telak di laga perdana Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018. Menghadapi Malaysia, 'Garuda Muda' ditekuk 0-3.
A A A

JAKARTA - Timnas Indonesia U-22 menelan kekalahan telak di laga perdana Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018. Menghadapi Malaysia, 'Garuda Muda' ditekuk 0-3.

Bertanding di stadion Supachalasai National Stadium, Bangkok, Rabu (19/7/2017), Malaysia merobek gawang Indonesia lebih dulu. Gol pertama lahir saat pertandingan baru jalan empat menit.

Mendapat umpan panjang dari tengah lapangan, Syafiq Ahmad berhasil menguasai bola dan lolos dari perangkap offside. Masuk ke dalam kotak penalti, dia menyepak bola ke arah tiang jauh. Si kulit bundar melewati kiper Satria Tama yang juga bergerak maju. Malaysia memimpin 1-0.

Keunggulan Malaysia bertambah di menit ke-19. Jafri Firdaus mencetak gol kedua memanfaatkan tendangan bebas Danial Amier. Meski dalam posisi membelakangi gawang, sundulan Jafri berhasil merobek gawng Indonesia. Dalam proses gol tersebut kiper Satria Tama lagi-lagi keluar dari sarangnya namun salah mengantisipasi jatuhnya bola hasil tendangan bebas.

Keunggulan 2-0 membuat Indonesia tersentak. Ricky Fajrin melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti semenit berselang, namun bola bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Ifwat Akmal.

Alih-alih memperkecil kedudukan, gawang Indonesia kembali bergetar. Lengahnya lini belakang Indonesia dalam skenario set piece membuat Nadarajah Thanabalan berdiri bebas tanpa kawalan. Dengan bebas dia menanduk bola sepak pojok Syazwan Andik dari muka gawang. Keunggulan Malaysia melebar jadi 3-0.

Hingga turun minum, Indonesia masih dalam posisi tertinggal 0-3.
Di babak kedua, masuknya Evan Dimas membuat Indonesia mampu meningkatkan intensitas tekanan. Beberapa kali lini pertahanan Malaysia dipaksa bekerja keras. Dengan keunggulan tiga gol, Malaysia bermain menunggu.

Peluang Indonesia datang di menit ke-62 lewat sepakan keras keras Hargianto. Namun kiper Ifwat dengan sigap masih bisa menepisnya.

Dua menit berselang, giliran Febri Hariyadi membuang peluang. Mendapat sodoran Evan Dimas, bola bisa dikuasai Febri dan dia sukses melewati Ifwat keluar untuk mempersempit ruang gerak. Melihat gawang kosong, Febri yang tak sabar menceploskan bola justru menendangnya keluar.

Sedang asyik-asyiknya menekan, Indonesia mendapat pukulan telak ketika Asnawi Mangkualam dikartu merah pada menit 70. Tekel kerasnya pada Sean Eugene Selvaraj membuat Indonesia mesti bermain dengan 10 orang.

Kondisi itu menyulitkan Indonesia untuk sekadar memperkecil kedudukan. Peluang emas sempat hadir di menit 85, ketika Febri lagi-lagi bisa melewati Ifwat. Namun kali ini, umpan tariknya ke tengah terlalu kencang sehingga gagal disambut rekannya.

Begitu juga dengan sepakan Evan Dimas di menit 90, yang masih terlalu tinggi di atas gawang Malaysia. Hingga peluit panjang dibunyikan wasit Jarred Gavan Gillett, kemenangan 3-0 Malaysia tetap bertahan.

Indonesia pun nirpoin di laga perdana Grup H, yang juga dihuni Thailand dan Mongolia. Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Mongolia di National Stadium, Jumat (21/7).

Starting IX:
Indonesia: Satria Tama, Ricky Fajrin, Bagas Adi (c), Andi Setyo, Puru Gede, Hanif, Gian Zola, Hargianto, Septian David, Marinus, Febri

Malaysia: Ifwat, Adib (c), Irfan, Adam, Ariff, Danial Amier, Amirul, Syazwan Andik, Thanabalan, Jafri, Syafiq

Kode:47
Sumber:sport.detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...