Tertawan ,

Indahnya Lembah Anai Air Mancur di Tepi Jalan

FOTO | ISTIMEWAAir Terjun Lembah Anai
A A A

SUMATERA Barat bak surga dalam segenggam. Bagaimana tidak, di provinsi yang terkenal dengan jam gadangnya ini, para wisatawan bisa dapatkan paket komplit objek wisata.

Hanya dengan mengunjungi Sumatera Barat, wisatawan dalam dan luar negeri dapat menikmati suguhan alam, budaya, dan kuliner dalam satu tempat. Kali ini Okezone memiliki kesempatan untuk mengunjungi salah satu air terjun yang cukup unik.

Cobak tebak! Objek wisata yang Okezone sambangi ketika berada di Sumatera Barat ialah Cagar Alam Lembah Anai Air Mancur. Destinasi ini memiliki keunikan yang tidak ada di daerah manapun. Pasalnya, air terjun yang biasanya membutuhkan perjuangan untuk mencapainya, kali ini sungguh tidak.

Agar bisa tiba di Cagar Alam Lembah Anai Air Mancur, traveler hanya butuh mengendarai kendaraan roda empat ataupun dua, tanpa berjalan kaki (trekking). Tidak perlu menaklukkan medan yang sulit, licin, dan terjal, sebab untuk bisa sekadar merendamkan kaki di kolam air terjun, traveler cukup meniti langkah menuruni anak tangga saja.

Setelahnya, pilihlah batu-batu besar yang kering untuk dijadikan pijakan, agar tidak tergelincir. Kemudian tinggal pilih batu yang nyaman untuk diduduki dan lepaslah alas kaki, biarkan segarnya air terjun menyerap ke setiap pori-pori kulit. Dingin yang menjamah telapak kaki seakan terasa sampai dada dan menimbulkan efek tenang.

Pejamkanlah mata perlahan. Deras air yang terhempas dari atas tebing terasa bak menggetarkan jiwa dan kesejukan udaranya mampu menyegarkan pikiran yang penat.

Puas menikmati air terjun Lembah Anai, saatnya berfoto. Jangan sampai lupa mengabadikan momen di Lembah Anai, karena air terjun ini jadi yang terunik karena tepat berada di pinggir jalan Padang-Bukittinggi dan rel kereta. Tapi, sayangnya rel kereta sudah tidak dioperasikan.

Untuk bisa menjangkau air terjun sekira 60 meter ini, traveler harus mengarahkan kendaraan ke arah utara dari Padang. Lalu, melewati Padang Pariaman, lanjut ke Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Pengendara harus berhati-hati, karena jalan meliuk-liuk, dan menanjak juga menurun, serta banyak pengendara yang melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi, meski berlawanan arah tanpa pembatas jalan.

Sebelum bisa merendamkan kaki dan merasakan lembut sekaligus kesejukan air terjun, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu, traveler sudah bisa menikmati anugerah Tuhan di Bukittinggi ini. Jadi, apakah berminat merendamkan dan merasakan sejuknya air terjun Lembah Anai?

Kode: 47
Sumber: okezone.com
Rubrik: Travel

Komentar

Loading...