Mau Tetap Olahraga Saat Menstruasi?

Ikuti Lima Latihan yang Dianjurkan

FOTO | doc.Jogging
A A A

JAKARTA — Menstruasi bukan halangan bagi wanita jika ingin tetap sehat dengan berolahraga. Asal dipilih dengan tepat, olahraga justru dianjurkan lho.

Menurut pakar kesehatan dari MultiFit Gym, Annavi Khot, kebanyakan wanita lebih memilih untuk beristirahat saat menstruasi karena berbagai keluhan yang umum muncul seperti kram perut, nyeri punggung dan sakit kepala.

"Namun demikian, latihan fisik ringan sebenarnya tetap diperlukan untuk menjaga kebugaran fisik," tutur Annavi. Nah, berikut 5 jenis olahraga yang ia anjurkan untuk bisa Anda lakukan di waktu menstruasi:

1. Berjalan
Lakukan aktivitas jalan kaki di sekitar rumah saat Anda sedang punya waktu luang. Terutama saat Anda sedang mengalami kram perut akibat menstruasi. Annavi menyebutkan, semakin banyak Anda duduk di rumah dan fokus pada rasa sakit, maka tanpa disadari rasa nyeri tersebut akan terasa semakin kuat.

Dengan berjalan kaki, Anda memberikan dampak positif bagi tubuh secara keseluruhan. Selain membantu mengalihkan pikiran Anda dari rasa nyeri, berjalan kaki juga memperkuat tulang dan otot, serta membantu mempertahankan berat badan sehat.

2. Yoga
Serupa seperti berjalan kaki, berlatih yoga juga memberikan ketenangan mental dan membantu mengalihkan pikiran dari rasa nyeri akibat menstruasi. Yoga diyakini juga membantu Anda melatih napas, agar tubuh lebih rileks dan menjaga kestabilan detak jantung.

3. Push up dan plank
Jika Anda sedang ingin di dalam rumah dan enggan bepergian, maka Anda tetap bisa melakukan aktivitas fisik dengan melakukan latihan sederhana di rumah. Beberapa pilihannya yakni latihan push-up, planks, dan latihan squat. Yang terpenting, ingatlah untuk tidak terlalu memaksa dan menempatkan terlalu banyak tekanan pada tubuh saat melakukan latihan jenis ini.

Menurut Annavi, latihan sejenis sangat bermanfaat bagi wanita karena dapat membantu menenangkan otot-otot rahim yang berkontraksi. Sebab kontraksi ini merupakan penyebab utama munculnya kram.

4. Menari
Menari adalah jauh salah satu latihan fisik terbaik bagi para wanita. Zumba atau aerobik ringan yang bisa didapat dari menari akan membantu Anda berkeringat dan membuat tubuh terasa bugar meskipun Anda tengah menstruasi.

5. Joging
Menjelang akhir siklus menstruasi, Anda dianjurkan untuk rutin joging. Menjaga tubuh tetap aktif bergerak memberikan Anda lebih banyak kekuatan, sehingga tubuh lebih kuat menghadapi siklus menstruasi yang identik dengan rasa lemas.

Sumber:detik.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...