Ribuan Masyarakat Sabang

Ikut Halal Bihalal Akbar

FOTO | Jalaluddin Zky.
A A A

SABANG - Pelaksanaan Halal Bihalal Akbar yang dilaksanakan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), BUMN Perbankan, Swasta, Ormas, dan Masyarakat diikuti sekitar 2.000 peserta.

Sebelum kegiatan pokok dimulai peserta bergabung bersatu satu sama lain tanpa perbedaan duduk bersela diatas terpal yang dipajangkan diatas jalan depan Kantor Walikota Sabang. Seluruh peserta mulai dari Walikota, DPRK, Danlanal, Fasharkan, Kapolres, Dandim, Danlanud, Kejaksaan, Pengadilan, dan Seluruh Instansi Vertikal, BUMN, beserta masyarakat menyatakan sikap untuk bersatu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Teungku M. Yakub Shaleh SH yang juga Ketua Majelas Permusyawaratan Ulama (MPU) mewakili masyarakat Sabang dalam pidatonya menyampaikan, pelaksanaan Halal Bihalal Akbar yang terjadi hari ini sebagai momentum ulang tahun Kota Sabang ke 53, kegiatan ini pertama terjadi di Sabang bahkan belum pernah terjadi di daerah lainnya.

Kegiatan ini juga bukan saja acara serimonial tetapi merupakan ungkapan kebersamaan mempersatukan hati satu tekad untuk memajukan Sabang.

Paska bulan suci Ramadhan dan Hari raya idul Fitri Halal Bihalal Akbar ini juga dapat^ mengembalikan struktur kita yang lebih baik dari sebelum bulan Ramadhan.

Maka, dengan pergelaran Halal Bihalal ini kita bisa saling memaafkan dan mempererat silaturahmi baik sesama agama, antar agama, antar suku atau ras untuk mempersatukan diri guna menguatkan kita dalam menjaga Nusantara.

Apa yang telah dilaksanakan di bulan Ramadhan kiranya dapat kita mengimplementasikan makna ibadah yang telah kita jalani selama sebulan itu, maksud dan tujuannya adalah agar dapat memanfaatkan waktu dan disiplin untuk kita terapkan pada kehidupan sehari-hari, katanya.

Ditambahkan, Sabang merupakan sebuah daerah yang memiliki kesatuan dan persatuan yang beda dengan daerah lainnya dimana masyarakat Sabang berasal dari berbagai suku bangsa, agama, dan latar belakang.

Namun semuanya sama saling mengenal, bersahabat, dan tidak melihat kekurangan atau kelebihan pihak lain. Maka ke Sabang ini siapa saja dan darimana silahkan datang, yang penting tetap satu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, ujarnya.

Sementara itu atas nama Pemerintah Daerah FKPD, BUMN, Swasta, Instansi Vertikal dan Masyarakat, Walikota Sabang Nazaruddin menyampaikan, terlaksananya Halal Bihalal Akbar ini tercipta atas pemikiran-pemikiran Forkopimda, TNI/Polri, dan Tokoh masyarakat sehingga terbentuk silaturahmi ini.

Maka, kita harapkan bersama kegiatan ini menjadi sebuah acara catatan sejarah untuk menyatukan bangsa dengan tanda pita merah putih dikepala sebagai keikhlasan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedepan tambah Nazaruddin, kita akan adakan event-event lain yang dapat menghidupkan Sabang bukan pada siang hari saja, tetapi juga pada malam hari. Untuk itu, petsatuan dan kesatuan yang terjalin baik ini menjadi modal utama dalam ikatan kekeluargaan bangsa.

Diharapkan kepada Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) segera menyelesaikan pembangunan gedung di dermaga Balohan agar pintu masuk ke Sabang akan menjadi pintu utama terbaik yang ada di negeri ini.

Kemudian kepada Bea dan Cukai yang kini siap bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan BPKS supaya ikut membantu memasukkan barang dari luar negeri ke Sabang., Harapnya.

Amatan media ini Pelaksanaan Halal Bihalal Akbar berhasil memberi makna positif tidak hanya kepada masyarakat Sabang tetapi juga kepada wisatawan baik lokal maupun internasional.

Sehingga Halal Bihalal Akbar ini menjadi sebuah kegiatan besar yang pertama terjadi dan menjadi sejarah baru bagi Sabang.

Sejak pagi hari Masyarakat berduyun duyun datang untuk menghadiri kegiatan tersebut, peserta yang hadir bukan saja Pejabat Pemerintah, TNI/Polri, instansi vertikal, BUMN, Swasta, Ormas, dan Masyarakat tetapi juga wisatawan yang melintas ikut berbaur didalamnya.

Terlaksananya Halal Bihalal Akbar tersebut atas niat tulus dan buah pikiran seluruh pimpinan yang ada, dengan cara mensisihkan dana dari kantong masing-masing kemudian dikumpulkan oleh bendahara yang telah terbentuk selanjutnya menjadikan sebuah acara duduk dan makan bersama. Halal Bihalal yang diketuai Komandan Lanal Sabang itu, menjadi sebuah catatan penting yang perlu dipertahankan.

Penulis:Jalaluddin Zky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...