Rekor dan Pencapaian

Ibrahimovic Bersama Manchester United

FOTO | IstimewaIbrahimovic akhirnya tinggalkan Manchester United
A A A

MANCHESTER - Berakhir sudah kerja sama antara Zlatan Ibrahimovic dengan Manchester United pada Kamis 22 Maret 2018. Padahal, kontrak pesepakbola berpaspor Swedia itu bersama Man United masih tersisa hingga 30 Juni 2018.

Setelah meninggalkan Man United, Ibrahimovic kemungkinan besar akan melanjutkan karier di Major League Soccer (MLS) bersama Los Angeles (LA) Galaxy. Kebetulan, musim reguler MLS 2018 baru bergulir pada 3 Maret.

Setelah hampir dua tahun berkolaborasi bersama Man United, apa saja pencapaian yang dicetak Ibrahimovic bersama The Red Devils? Ibrahimovic didatangkan Man United dari Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2016 dengan status bebas transfer. Hal itu karena kontrak Ibrahimovic bersama PSG habis pada 30 Juni 2016.

Ibrahimovic merupakan satu dari empat rekrutan Jose Mourinho di musim pertama melatih Man United. Tiga rekrutan lain ialah Eric Bailly, Henrikh Mkhitaryan dan Paul Pogba. Di musim pertamanya membela Man United, eks bomber andalan Inter Milan itu mengemas 28 gol dan 10 assist dari 46 pertandingan.

Pencapaian itu membuat Ibrahimovic keluar sebagai top skor Man United pada 2016-2017, meski sebenarnya sempat absen dari April hingga akhir musim karena mengalami cedera lutut. Akibat cedera lutut parah itu, Ibrahimovic yang memiliki kontrak hingga 30 Juni 2017, masa baktinya sempat tak diperpanjang Man United.

Akan tetapi pada akhirnya, Ibrahimovic kembali dikontrak Man United pada 24 Agustus 2017. Ibrahimovic mendapatkan kontrak selama satu musim atau hingga 30 Juni 2018. Meski begitu, Ibrahimovic baru benar-benar merumput bersama Man United pada 18 November 2017 saat timnya mengalahkan Newcastle United 4-1.

Singkat kata sepanjang musim ini, Ibrahimovic hanya tampil di tujuh pertandingan dengan koleksi satu gol. Cedera lutut kambuhan memaksa Ibrahimovic jarang tampil. Akan tetapi menurut pesepakbola legenda Rumania, Adrian Mutu, Ibrahimovic sebenarnya sudah pulih dari cedera lutut sejak Februari, namun karena berseteru dengan Mourinho, status suami dari Helena Seger itu dibekukan hingga akhirnya mengakhiri kontrak bersama Man United.

Total selama membela Man United, Ibrahimovic turun di 53 pertandingan dengan raihan 29 gol dan 10 assist. Sementara itu, rekor pribadi yang dicetak bersama Man United ialah, Ibrahimovic jadi pesepakbola kedua yang mencetak gol di tiga laga awal Liga Inggris setelah Ian Storey-Moore yang melakukannya pada 1971-1972.

Ibrahimovic juga jadi pemain Man United kedua yang mencetak gol di Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris, kompetisi antarklub Eropa dan Community Shield dalam satu musim kompetisi (2016-2017), mengikuti jejak Javier Hernandez (2010-2011).

Sementara itu soal trofi, Ibrahimovic meraih tiga gelar bersama Man United yakni Community Shield 2016, Piala Liga Inggris dan Liga Eropa 2016-2017. Sekarang, tinggal menanti kiprah Ibrahimovic di LA Galaxy, klub yang pernah diperkuat David Beckham, Robbie Keane hingga Steven Gerrard.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...